BMKG: Selat Sunda Punya Potensi Gempa Besar

Gempa di Selat Sunda 16 Oktober 2009
Sumber :
  • USGS

VIVAnews - Hasil riset terbaru peneliti Indonesia dan Australia baru-baru ini mengungkapkan kawasan selatan Selat Sunda berpotensi memiliki kekuatan gempa sebesar

Menanggapi temuan itu, Kepala Bidang Informasi Dini Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Wardono, mengakui memang kawasan di selatan Selat Sunda berpotensi menghasilkan gempa-gempa megathrust (besar).

"Namun, untuk mengetahui berapa potensi kekuatan gempa yang akan terjadi, BMKG belum bisa mengetahuinya," kata Wardono kepada VIVAnews, 29 Mei 2013.

Ia menjelaskan, hasil riset yang menyatakan bahwa di selatan Selat sunda berpotensi menghasilkan gempa berkekuatan 9 skala richter itu baru berupa penelitian dan belum terbukti.

"Gempa berkekuatan 9 skala richter bisa saja terjadi. Tapi, belum tahu kapan terjadinya. Bisa saja, itu terjadi ratusan tahun lagi," ungkap Wardono.

Hizbullah Tembakkan 15 Roket ke Wilayah Israel

Perlu Didiskusikan

Hasil riset mengenai potensi gempa 9 skala richter di kawasan selatan Selat Sunda memang sangat menarik. Wardono pun ingin mengadakan diskusi bersama untuk mengetahuinya hasilnya secara detail.

"Penelitian itu perlu didiskusikan oleh badan-badan pemerintah yang bertugas memantau gempa-gempa di Indonesia, seperti LIPI dan BPPT," kata Wardono.

BMKG sendiri bertugas melakukan pemantaun terhadap gempa dan tsunami berdasarkan data-data. Dan mengumumkannya kepada masyarakat sebagai peringatan dini.

"Jika memang di selatan Selat Sunda ada potensi gempa sebesar 9 skala richter, pasti sudah kami umumkan kepada masyarakat," ujar Wardono. (ren)

Daftar Harga Pangan 25 April 2024: Bawang Merah hingga Daging Sapi Naik
Ilustrasi remaja.

Gak Nyangka, Ternyata Gen Z Punya Karakter Mulia Ini

hasil riset HILL ASEAN Study 2021, mengungkap bahwa Gen Z ternyata memang mengutamakan nilai-nilai kekeluargaan maupun komunitas. Mereka tumbuh jadi generasi harmonis.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024