Komputer China Kembali Bergelar Tercepat di Dunia

Sensor internet di China
Sumber :
  • 1.bp.blogspot.com
VIVAnews
Instruksi Irjen Karyoto ke Jajarannya Pastikan Rangkaian Perayaan Paskah Kondusif
- China kembali diakui sebagai pemilik komputer super cepat di dunia. Pengakuan itu dilontarkan tim penguji internasional setelah China memiliki komputer super bernama Tianhe-2, atau yang berarti Bima Sakti.

Pilkada Serentak 2024 Diusulkan Ditunda, Ini Sejumlah Pertimbangannya

Menurut stasiun berita
Momen Bersejarah, Al Quran Berbahasa Gayo Hadir Memperkuat Identitas dan Budaya Aceh
BBC , mesin itu memuncaki 500 daftar komputer tercepat di dunia, mengalahkan dua komputer super besutan AS, Titan dan Sequoia, yang menempati peringkat kedua dan ketiga. Jepang menyumbang di peringkat keempat dengan K computer.

Daftar peringkat terbaru yang diadakan tiap dua tahun sekali itu diumumkan oleh Hans Meuer, profesor ilmu komputer Universitas Mannheim, Jerman, bertepatan dengan Konferensi Komputer Super Internasional di Kota Leipzig.

China diketahui terakhir kali memuncaki daftar komputer tercepat antara November 2010 dan Juni 2011. Namun, hasil terbaru ini tidak disangka-sangka, mengingat China sendiri sebelumnya menargetkan perakitan Tianhe-2 oleh Universitas Teknologi Pertahanan Nasional baru siap pada 2015, tapi bisa selesai lebih cepat.


Menurut hasil bencmark Linpack. Tianhe-2 beroperasi dengan 33,86 petaflop per detik, setara 33,860 Triliun hitungan per detik. Namun, secara teoritis, kinerja mesin komputer itu bisa sampai 54,0 petaflop per detik. Maka, Tianhe-2 unggul hampir dua kali lipat dibanding Titan dan K computer.


Profesor ilmu komputer Universitas Tennessee, Jock Dongarra mencatat Tianhe-2 memiliki banyak fitur unik, yaitu


- Jaringan interkoneksi dibangun kustom dengan rute data di seluruh sistem.


- Mesin menggunakan 4096 Galaxy FT-1500 CPU, yang menangani aplikasi pertahanan  nasional dan ramalan cuaca spesifik. Kemampuan itu belum termasuk performa utama CPU.


- Menggunakan sistem operasi berbasis Linux, Kylin, nama kuda bertanduk mitos China. Kylin didesain untuk pilihan keamanan tingkat tinggi bagi pengguna lembaga pemerintahan, pertahanan, energi, ruang angkasa dan indutri penting lain.


Dengan bekal fitur tersebut, Tianhe-2 di atas kertas unggul hampir dua kali lipat dari superkomputer Titan besutan AS dan K computer Jepang.


China saat ini menyumbang 66 komputer tercepat dari daftar yang ada. Angka itu turun dari enam bulan lalu, yang mana China menyumbangkan 72 komputer dalam daftar komputer tercepat di dunia.


Di sisi lain, AS mendominasi survei dengan menempatkan 252 komputer. Jepang memiliki 30 komputer, Inggris 29 komputer, Perancis 23 komputer dan Jerman 19 komputer.


Berikut daftar superkomputer tercepat di dunia :

1. Tianhe-2 (China)

2. Titan (AS)

3. Sequoia (AS)

4. K computer (Jepang)

5. Mira (AS)

6. Stampede (AS)

7. Juqueen (Jerman)

8. Vulcan (AS)

9. SuperMuc (Jerman)

10. Tianhe-1A (China)


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya