FOTO: Pesona Supermoon di Berbagai Belahan Dunia

super moon 2013
Sumber :
  • REUTERS/Yannis Behrakis

VIVAnews - Bagi Anda yang melewatkan fenomena bulan super atau populer dengan istilah Supermoon pada hari Minggu 23 Juni 2013 kemarin, tak perlu khawatir.

Anda hanya perlu sedikit sabar. Sebab, tahun depan Supermoon akan kembali menghiasi langit di Bumi.

Fenomena Supermoon bakal tetap muncul dalam waktu 14 bulan sekali, tepatnya akan kembali pada bulan Agustus 2014. Saat itu, bulan kembali mengorbit dalam jarak terdekat dengan Bumi.

Dilansir Boston Globe, 25 Juni 2013, saat Supermoon muncul pada hari Minggu kemarin, jarak antara Bulan dan Bumi hanya sekitar 221.824 mil, atau setara 356.991 kilometer.

Anda bisa menyaksikan pesona Supermoon di berbagai belahan dunia melalui

Menurut Amanda Thompson, ahli astronomi di Museum of Science, Amerika Serikat, istilah Supermoon berasal dari ilmu astrologi. Namun kejadian Supermoon tidak menarik minat para peneliti.

"Alasan utama orang-orang tertarik dengan Supermoon adalah ketika kita melihat langit dan bertanya-tanya mengapa bulan menjadi sangat besar," kata Thompson.

Dia menambahkan ukuran Supermoon lebih terang 30 persen dan lebih besar 14 persen dari ukuran bulan purnama normal.

Berdasarkan hitungan para ahli astronomi, fenomena Supermoon terbesar akan terjadi pada abad ini, tepatnya pada bulan Desember 2052. Saat itu, Bulan hanya berjarak 221.439 mil, atau sekitar 356.371 kilometer. (kd)

Usai Jadi Tersangka Kasus Narkoba, Chandrika Chika Ternyata Positif Metafetamin Juga
Enam tersangka yang terjerat dugaan kasus narkoba di Jaksel

Terbongkar! Atlet e-Sport Terlibat Kasus Narkoba Liquid Ganja Bareng Chandrika Chika

Rezka menuturkan selain Selebgram Chandrika Chika ada salah satu atlet e-Sports yakni bernama Aura Jiexy alias AJ. Selanjutnya, ada juga inisial AT, MJ, AMO, BB.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024