Benarkah Cleopatra Sangat Cantik dan Seksi?

Cleopatra
Sumber :

VIVAnews - Cleopatra VII Philopator, atau lebih dikenal sebagai Cleopatra adalah sosok pemimpin wanita tersohor yang memerintah Mesir selama berabad-abad.

Ojol Tertangkap Basah Bawa 10 Ribu Butir Ekstasi, Ngaku Disuruh Residivis di Thailand

Selama ribuan tahun, Cleopatra dikenal sebagai perempuan yang luar biasa cantik. Tak terhitung, sudah berapa banyak karya seni yang mengatakan demikian, Cleopatra wanita penakluk pria, mampu menggoda pria dengan mudah.

Mitos kecantikan Cleopatra tak diragukan. Cerita membuktikan, dari rayuannya, ia mampu meluluhkan hati Julius Caesar dan Mark Antony, para pemimpin Romawi yang terkenal sangat kuat pada zamannya.

Tapi, apa bukti kuat yang mengatakan Cleopatra benar-benar memiliki kecantikan yang luar biasa? Sejumlah seniman mempunyai bukti-bukti sejarahnya.

Melansir laman Heritage Daily, 25 Juni 2013, pada dua abad setelah pemerintahan Cleopatra berakhir, sejarawan asal Romawi, Cassius Dio, menggambarkan Cleopatra sebagai seorang wanita yang memiliki keindahan tak terhingga.

Sementara sejarawan asal Yunani, Plutarch, menceritakan kecantikan Cleopatra sama sekali tidak tertandingi oleh wanita mana pun. Bahkan, kecantikannya bisa membuat orang-orang yang melihatnya terpana, tidak berkutik.

Bukti-bukti kecantikan Cleopatra terlihat pada patung-patung yang menggambarkan dirinya, dan juga terlihat di beberapa koin kuno. Dari gambar koin itu, Cleopatra berhidung bengkok dan terlihat sangat jantan.

Memang, tak sedikit bukti-bukti yang membuat citra Cleopatra sebagai sosok yang maskulin. Mungkin, anggapan itu untuk melegitimasi Cleopatra sebagai perempuan muda yang berkuasa di Mesir.



Sosok Cleopatra yang dilukiskan oleh Jean Leon Gerome. (Wiki Commons)
Polisi Benarkan Yudha Arfandi Lakukan Kekerasan ke Tamara, Sudah Dilaporkan?

Namun, jika melihat kembali sosok Cleopatra menurut Dio dan Plutarch, kecantikan Cleopatra bukan hanya murni dari kecantikan fisik.
Rasyid Nikkaz, Sosok Miliarder yang Rela Bernasib Miris Demi Membela Muslimah Bercadar


Dio mengatakan, Cleopatra juga memiliki suara yang merdu dan memiliki pengetahuan yang luas, sehingga membuat dirinya menjadi dikenal dan sangat menyenangkan bagi semua orang.


Plutarch juga membeberkan, Cleopatra mempunyai pesona yang khas dan tak terlupakan, mulai dari tata cara berbahasa, karakter, dan suara. Kombinasi semua itu membuatnya dapat dengan mudah mempengaruhi orang-orang, terutama Kaum Adam.


Jadi, cukup jelas, daya tarik Cleopatra tidak semata-mata dari kecantikan fisik dan tubuh seksinya, tetapi juga kecerdasannya, karakter, juga nada bicara.


Tak heran, dua penguasa paling kuat di Romawi, Julius Caesar dan Mark Antony, dibuat bertekuk lutut kepada Cleopatra.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya