Inikah Kereta Api Tercepat di Dunia?

Maglev MLX01, prototipe kereta api tercepat di dunia
Sumber :
  • sunshinecoastdaily.com.au
VIVAnews -
Dekat dengan Banyak Wanita, Billy Syahputra Gerah Sering Dijodohkan
Kecanggihan teknologi di Jepang memang tidak diragukan lagi. Di tahun 2027 nanti, Jepang siap meluncurkan kereta api teknologi terbaru dan tercepat di dunia.

Caleg Demokrat Fathi Lolos ke Senayan Bareng Melly Goeslaw dari Dapil Jabar I

Kereta api yang akan mengantarkan penumpang dari Tokyo ke Nagoya dalam waktu 7 menit ini melaju dengan kecepatan rata-rata 310 mil per jam, atau setara 500 km per jam.
Daftar Harga Motor Vespa per Maret 2024


Kecepatan ini bahkan lebih cepat dari mobil sport Formula 1 milik BAR Honda yang pernah mencapai kecepatan tertinggi dalam sejarah, yaitu 412 km per jam.


Melansir
Live Science
, Kamis 27 Juni 2013, kereta api super cepat ini akan menggunakan teknologi levitasi magnetik (maglev). Jepang pun sudah membangun jalur untuk kereta api itu.


Saat ini, kereta api berteknologi maglev tercepat dipegang oleh China dengan kereta api China Shanghai Maglev. Kecepatannya mencapai 268 mil per jam, atau setara 431 km per jam.


China juga telah mengembangkan kereta api tercepat lainnya. Pembuatannya dimulai pada tahun 2010 lalu, kereta api listrik yang memiliki nama CRH380A digadang-gadang mampu mencapai kecepatan 302 mil per jam, atau setara 486 km per jam.


Namun, untuk pengoperasiannya, nantinya CRH380A hanya akan mencapai kecepatan maksimum sekitar 236 mil per jam, atau sekitar 380 km per jam.


Namun, apakah Maglev L0 terbaru dari Jepang akan menjadi kereta api tercepat di dunia? Ya.


Berdasarkan catatan Guinness World Records, kereta api listrik tercepat dipegang oleh prototipe kereta api Maglev L0 buatan Jepang, JR-Maglev MLX01. Saat diuji coba pada tahun 2003 lalu, daya laju maksimalnya mencapai 361 mil per jam, atau setara 581 km per jam.


Di posisi kedua, bertengger kereta api milik Prancis yang memiliki nama TGV (Train à Grande Vitesse). Kereta ini memiliki kecepatan maksimal 357,2 mil per jam, atau sekitar 574,9 km per jam. (eh)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya