Setahun di Mars, Kendaraan Ini Bernyanyi Lagu Ulang Tahun

Ilustrasi pendaratan Curiosity di Mars
Sumber :
  • Space.com/Credit: NASA
VIVAnews
WhatsApp Punya Fitur Menemukan Pesan dengan Cepat
- Ada yang unik dari perjalanan setahun kendaraan penjelajah Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) di Planet Mars, Curiosity.

Tim Cook Puts Investment to Build Apple Developer Academy in Indonesia

Dalam momentum istimewa itu, insinyur NASA memberikan kado spesial bagi kendaraan dengan bobot 899 kg, atau seberat Mini Cooper tersebut, seperti dilansir
Merawat Silek Galombang 12 Batipuh Pitalah Bungo Tanjuang
Technobuffalo , Rabu 7 Agustus 2013.


Insinyur NASA membuat lagu Happy Birthday kepada Curiosity melalui modul Sample Analysis Instrument (SAM) yang berada di dalam Curiosity.


Modul itu berfungsi menyaring sampel halus tanah permukaan Mars untuk kemudian dianalisa resonansinya (gema) pada berbagai frekuensi.


Curiosity kemudian memasukkan sampel tersebut dalam laboratorium di dalam kendaraan dan kemudian insinyur di Bumi membantu menganalisa sampel tersebut. Nah bertepatan dengan momen spesial itu, insinyur NASA berhasil memprogram kemampuan resonansi itu untuk menirukan lagu ulang tahun.


Dalam sebuah video singkat, insinyur listrik modul SAM, Florence Tan menjelaskan bagaimana modul tersebut bekerja serta bagaimana insinyur memprogram kendaraan tersebut bernyanyi.


Hal yang mengesankan menurutnya yaitu nyanyian itu dikendalikan dari Bumi.


Sejak pertama kali mendarat di planet Merah pada 6 Agustus 2012 silam, penjelajahan Curiosity telah menghasilkan 36.700 foto, dan sudah 75.000 kali menembakkan laser ke bebatuan dan tanah untuk dianalisis, lebih dari 70.000 gambar telah dikirimkan ke Bumi, menghasilkan lebih dari 190 GB data serta telah menjelajah sepanjang 1,6 km di permukaan Mars.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya