Daya Ingat Lumba-lumba Mengejutkan

Lumba-lumba
Sumber :
  • dawnoftheunicorn.co.uk
VIVAnews
Golkar Terbuka Jika Jokowi-Gibran Mau Gabung: Amin, Kami Anggap Doa
- Lumba-lumba dikenal sebagai binatang yang memiliki beberapa keistimewaan. Lumba-lumba tergolong cerdas, mampu menolong manusia di lautan lepas, bahkan memiliki cara khusus dalam memanggil teman-temannya dengan nama tertentu.

Viral Obrolan Lawas Billy Syahputra dengan Chandrika Chika, Ibunya Singgung Soal Narkoba

Nah, baru-baru ini peneliti University of Chicago menemukan tambahan keistimewaan lumba-lumba yang lain. Studi peneliti menunjukkan bahwa lumba-lumba punya ingatan yang sangat baik diantara hewan lainnya. Mamalia laut ini masih mampu mengenali lumba-lumba lain setelah 20,5 tahun terpisah.
Vokasi Industri Kemenperin Buka Pendaftaran Sampai 31 Mei


Dilansir Dailymail, Rabu 7 Oktober 2013, lumba-lumba jantan bernama Bailey diketahui tidak menjalin kontak dengan lumba pasangannya, Allie, yang dikenalnya sejak remaja saat tinggal bersama di Connection Dolphin, Florida Keys.


Peneliti dari University of Chicago, Jason Bruck, menjelaskan bahwa kedua lumba-lumba ini terpisah karena Allie dipindahkan ke kebun binatang Chicago, sedangkan Bailey juga dipindahkan ke kawasan Bermuda. Namun ternyata tetap bisa bisa saling mengenali.


"Ini luar biasa, lumba-lumba justru memiliki ingatan sosial terpanjang di seluruh jenis hewan," ujar Bruck.


Ini mengejutkan karena dalam makalah yang diterbitkan berjudul Proceedings of the Royal Society B, menunjukkan hewan yang memiliki ingatan tinggi yaitu gajah dan monyet. Gajah mampu memiliki daya ingat sepanjang 10 tahun. Sedangkan monyet mampu mengingat selama 4 tahun.


Bruck menambahkan lumba-lumba bukan hanya mengingat suara dari temannya. Mamalia ini bahkan bisa mengingat pikiran manusia. "Kita tidak menyerap bunyi semahir lumba-lumba," kata Bruck.


Peneliti itu meyakini lumba-lumba memiliki memori luar biasa. Sebab, bisa membantu peneliti dalam mendekati lumba-lumba baru yang potensial. Selain itu, lumba-lumba juga dapat menghindari diri dari lumba-lumba lain yang jahat di masa lalu.


Bruck menjelaskan lumba-lumba jantan memiliki memori sedikit lebih baik dari lumba-lumba betina. Lumba-lumba jantan disebutkan memiliki kemampuan mendengarkan sinyal lumba lain setelah sekian lama tidak pernah bertemu. Bruck mengatakan lumba jantan akan bereaksi dengan postur tubuh S, begitu mengenali suara dari lumba lain yang pernah ia kenali.


Peneliti akan meningkatkan penelitian bagaimana lumba-lumba memvisualisasikan teman mereka saat mendengarkan sinyal peluit lumba-lumba lain.


"Penelitian ini memunculkan beberapa pertanyaan menarik dan mengisyaratkan lebih luas pentingnya memori sosial jangka panjang lumba-lumba," kata Stephanie Raja, peneliti lumba-lumba University of St Andrews di Skotlandia.


Raja juga mengatakan studi itu menunjukkan ada kesamaan yang kuat antara lumba-lumba dan pengenalan sosial manusia.


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya