21 Karyawan Pertama Google, Nasibnya Kini (1)

CEO Yahoo! Marrisa Mayer di pemotretan majalah Vogue
Sumber :
  • http://zackyliciouss.blogspot.com

VIVAnews - Google tumbuh sebagai perusahaan teknologi raksasa berskala dunia. Di usianya yang sudah menginjak tahun ke-15, mesin pencari nomor satu itu telah mengoleksi segudang pencapaian yang luar biasa.

Tentu di balik perusahaan yang maju pesat, berkarya orang-orang terpilih nan ulet, yang menjadi "otak" kemajuan perusahaan.

Saat awal mula berdiri, Google digawangi oleh 21 karyawan. Mengutip Business Insider, terungkap dari 21 karyawan pertama Google, saat ini tercatat hanya tujuh karyawan saja yang tersisa dan setia bekerja di perusahaan yang berbasis di Mountain View, California itu.

Tujuh orang itu termasuk duo pendiri, Sergey Brin dan Larry Page. Lima karyawan lainnya adalah Urs Hozle, Salar Kamangar, Omid Kordestani, Joan Braddi, dan Susan Wojcicki.

Data situs pertukaran informasi Quora menyebutkan, beberapa karyawan awal itu telah menjadi pengusaha maupun penyandang modal bagi bisnis startup. Sisanya terlacak sudah pensiun.

Siapa saja mereka? Bagaimana nasibnya kini? Kemanakah mereka pergi setelah meninggalkan Google? Berikut kabarnya.

Marissa Mayer



Mayer kini menduduki posisi penting di Yahoo sebagai CEO. Ia tercatat jadi karyawan Google sejak Juni 1999-2012. Posisi terakhir di Google sebagai Vice President, Local, Maps and Location Service.

Kendra DiGirolamo



Bergabung dengan Google sejak Juni 1999 hingga Mei 2001. Posisi terakhir di Google sebagai Advertising Sales Coordinator.

Kini, DiGirolamo menekuni analis bisnis di Driscoll's, sebuah perusahaan produksi dan distribusi stroberi.

Larry Schwimmer



Ia merupakan teknisi software awal yang dimiliki Google. Tercatat ia memperkenalkan Snippets, sebuah sistem produktivitas guna membantu Google mengelola karyawan selama periode merintis.

Schwimmer menjadi karyawan Google sejak 1999 tapi tidak diketahui apakah masih terlibat di Google atau tidak.

Jim Reese



Posisi terakhir sebagai Chief Operations Engineer. Tidak diketahui posisinya kini di mana. Masuk Google sejak tahun 1999.

Gerald Aigner



Masuk Google sejak tahun 1999-2006. Menurut halaman LinkedIn-nya, Aigner sempat menjabat anggota staf senior Google.

Di Google, ia bertanggungjawab pada negosiasi data center dan produk Internet, monitoring jaringan, desain peranti keras, dan optimisasi kinerja.

Kini, Aigner bekerja sebagai profesional di Independent Internet, London.

Chris Skarakis



Posisi terakhir di Google adalah Director of Business Development. Menjadi karyawan sejak Mei 1999 sampai Mei 2005.

Selepas dari Google, Skarakis mendirikan Blip.fm, layanan free music streaming. Ia juga merupakan anggota dewan direktur Kanye West Foundation, Friends of Palo Alto Junior Museum, dan Zoon and Little Kids Rock.

Rachael Chambers



Sebelumnya, ia bekerja di Netscape. Masuk ke Google pada Mei 1999 sebagai Executive Assistant dan mengakhiri jabatan sebagai Ad Sales Coordinator pada Oktober tahun 2000.

Kini, ia menduduki kursi Program Manager Cisco. (eh)

Bersambung ...

Kemenkominfo Gelar Kegiatan Chip In "Menjadi Warga Digital yang Cakap, Beretika dan Berdaya"
Bule Amerika yang menganiaya pecalang di Bali ditangkap polisi

Aniaya Pecalang di Bali, Polisi Tangkap Dua Bule Amerika

Polisi menangkap dua turis asing berkewarganegaraan Amerika yang melakukan penganiayaan terhadap pecalang di Bali

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024