Keistimewaan Gunung Padang Sangat Meyakinkan

Situs Megalitikum Gunung Padang
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi
VIVAnews -
Isi Ramalan Prabu Jayabaya yang Sebut Cerminkan Pemimpin Indonesia
Peneliti antropologi Tim Terpadu Riset Mandiri (TTRM) Gunung Padang, Ali Akbar meyakini memang ada teknologi istimewa di bawah permukaan situs purba tersebut.

Jadi Gampang Sakit, Benarkah Stres Mempengaruhi Sistem Imun?

Salah satu sinyal keistimewaan dari sisi antropologi adalah ditemukannya lapisan ganda dari situs tersebut.
Kuota Eropa Lengkap! Berikut 24 Tim yang Pastikan Tiket ke Piala Dunia Antarklub 2025


"Saya eskavasi di kedalaman empat meter, diteruskan ke dalam, ada lapisan budaya lagi. Lapisan kedua secara teknologi ini ternyata lebih tinggi, kenal semen, ada teknologi logam. Usianya 5.900 SM. Itu luar biasa lebih tua dari bangunan purba lain di dunia," ujar Ali pada
VIVAnews,
13 September 2013.


Ia menambahkan, bukan hanya sisi arkeologi saja yang menunjukkan hasil yang mengejutkan. Dari sisi geologi, ia yakin tidak jauh beda dengan riset arkeologi. Tim geologi, katanya sudah melakukan tomografi—metode pencitraan guna merekam gambaran bagian dalam tanah.


"Tomografi ini bisa rekam citra tanah sedalam 50 meter. Kemungkinan hasil riset kawan-kawan tomografi memperoleh gambaran unik," jelas Ali Akbar.


Tomografi melakukan pencitraan dengan teknologi sensor suara untuk menganalisis struktur bagian dalam tanah. "Teknologi ini mendengarkan kerambatan suara bagian dalam. Kalau suara pelan diintrepretasikan di bawah suara itu melewati batu kerak, nah kalau cepat itu kemungkinan massa tanahnya renggang," terang dia.


Tapi, untuk hasil pasti dari riset geologi itu, Ali masih menunggu laporan dari ahli geologi. Dia yakin hasil riset arkeologi dan geologi sesuai.


"Ada kecocokan antara geologi dan arkeologi. Bahkan ada kemungkinan terdapat lapisan tiga dan empat. Secara geologi sudah terdeteksi. Dua lapisan ini trennya sama dengan lapisan satu dan dua," tambahnya.


Secara metode, Ali meyakini, tomografi sudah sangat meyakinkan. Pasalnya, metode ini sudah diterapkan pada ilmu modern dan oleh peneliti profesional. (adi)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya