Foto Terakhir Nelson Mandela Sebelum Wafat

Foto terakhir Nelson Mandela bersama Presiden Afsel Jacob Zuma (kiri bawah)
Sumber :
  • dailymail.co.uk
VIVAnews -
Kasus Uang Tutup Mulut Donald Trump Seret Nama Karen McDougal, Siapa Dia?
Kondisi lemah, membisu, dan tatapan kosong ke kamera. Itulah potret terakhir dari sosok Nelson Mandela yang diambil 6 bulan sebelum meninggal.

Kemungkinan yang Bakal Terjadi Kalau Indonesia tak Dijajah

Di foto itu, sosok pejuang anti-apartheid ini duduk membisu di kursi, kepalanya disangga bantal, ada masker oksigen di pipinya, dan masih tetap mengenakan kemeja batik kegemarannya, dilansir
Anak Buah SYL Video Call Bahas 'Orang KPK' dan 'Ketua': Siapin Dolar Nanti Kami Atur
Daily Mail, Minggu 7 Desember 2013.


Foto itu diambil tiga minggu sebelum Mandela dibawa ke rumah sakit akibat mengalami infeksi paru-paru. Mandela ditemani oleh Presiden Afrika Selatan, Jacob Zuma, dan teman sesama pejuang anti-apartheid, Cyril Ramaphosa.


Tapi, foto tersebut menuai kritik. Banyak yang menduga Presiden Zuma terus mengeksploitasi kondisi sakit Mandela untuk kepentingan politik. Zuma mengklaim, Mandela dalam kondisi baik, tapi faktanya Mandela sudah tidak mampu bergerak dan berbicara.


Sejak foto itu dipublikasikan, Mandela sudah berbaring di rumah sakit. Tak ada yang tahu kapan dia akan sembuh. Yang jelas, banyak orang yang sudah mengikhlaskan kepergian Mandela untuk selama-lamanya.


Kamis malam, 5 Desember 2103, pengumuman datang dari Presiden Zuma. Mandela telah wafat. Beliau tutup usia di umur 95 tahun setelah berbulan-bulan bergumul dengan infeksi paru-paru dan penyakit lainnya.


Kondisi lemah Mandela di foto itu sangat berbeda dengan keadaannya pada waktu keluar dari penjara pada 1990 silam. Pada waktu itu, dia sangat energik berpidato di depan ribuan masyarakat Afsel untuk memerangi rezim apartheid.


Kini, sosok ikon perdamaian itu telah tiada. Seluruh rakyat Afsel dan dunia kehilangan orang yang sangat disegani dan dihormati. Kematiannya menjadi kehilangan besar bagi dunia. (one)



Mandela tertawa lebar bersama Presiden Zuma. (AFP)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya