Sinergi Facebook dan 3 Akan Berlangsung Lama

VIVAnews - Kerja sama antara PT Hutchison CP Telecommunications (HCPT) dan Facebook akan terus berlanjut. Tak hanya menawarkan akses Facebook via layanan teks atau SMS pada kartu 3 (Three), HCPT kabarnya akan menambah layanannya dalam waktu dekat. Hal itu disampaikan Chief Commercial Officer HCPT Suresh Reddy, di sela konferensi pers Facebook Melalui SMS, di Menara Jamsostek, Jakarta, 7 April 2009.

“Kerja sama kami dengan Facebook tak akan hanya sebatas layanan SMS,” kata Suresh. “Kami berencana mengembangkannya lebih luas lagi. Ada pengayaan beberapa fitur nanti, tapi belum bisa dipaparkan saat ini. Kami akan berdiskusi terus dengan pihak Facebook,” ucapnya.

Suresh juga mengatakan, pertimbangannya untuk merangkul Facebook cukup luas. Terutama, dia mengakui potensi pasarnya yang cukup besar di Indonesia. Per Maret 2009, diketahui sekitar 1,4 juta anggota Facebook berasal dari Tanah Air, yang sekaligus menempatkan Indonesia sebagai negara yang memiliki jumlah anggota terbesar kelima, menurut Google Trends, setelah AS, Inggris, Italia, dan Kanada.

“Kami selalu menjajaki kerja sama yang berbeda dengan para mitra kami, makanya kami selalu lebih dulu. Facebook, kami melihat dan mempelajarinya sejak lama. Sampai kini kami yakin apa yang kami tawarkan hari ini akan dapat membuat pelanggan Three lebih nyaman,” ucap Suresh. 
“Misi kami adalah terus berupaya memberikan pilihan kepada pelanggan sebanyak-banyaknya. Biarkan mereka yang memilih, kami tidak pernah mendesak,” kata Suresh.

Terkait fitur yang akan dikembangkan selanjutnya, hal senada juga dikatakan Patricia Tedjasendjaja, General Manager VAS HCPT. Dia mengelak ketika ditanyai tentang apa yang akan dikembangkannya bersama Facebook untuk ke depan.

“Itu rahasia dong. Yang jelas kita consumer-centric. Artinya, kita amati dulu apa yang dibutuhkan pelanggan, setelah itu kita diskusikan bersama Facebook,” ucapnya pada VIVAnews di tempat yang sama usai acara.

Berbicara prioritas HCPT dengan diluncurkannya layanan VAS terbarunya ini, Patricia menuturkan tidak ada. “Semua prioritas, tak ada yang lebih diprioritaskan. Saya yakin semua operator juga berpendapat sama. Harapan mereka adalah mengakuisisi pelanggan, meretensinya, dan menambah pendapatan perusahaan,” ucapnya tersenyum.

Saat ini, Three memiliki sekitar 4,5 juta pelanggan yang bisa disebut target segmen untuk menikmati layanan Facebook via SMS terbarunya. Sementara pengguna Facebook di Indonesia yang berjumlah 1,4 juta, akan dibidik Three sebagai target akuisisi pelanggan baru. “Jadi, yang kami akan lakukan adalah mengakuisisi, lalu kemudian meretensinya. Tidak memprioritaskan salah satu pun,” Patricia berkata.

Netizen Murka Disebut Suara Paslon 02 Nol: Mungkin Aku yang Dimaksud Angin Tak ber-KTP
Xabi Alonso

Peluang Liverpool Gaet Xabi Alonso Mengecil

Keinginan Liverpool mendatangkan Xabi Alonso untu musim depan nampaknya menjadi semakin kecil. Karena dikabarkan pelatih asal Spanyol itu mau bertahan di Bayer Leverkusen

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024