Rumah Berbentuk Kristal Lima Lantai Ini Berfondasi Besi Baja

Rumah
Sumber :
  • http://io9.com/
VIVAnews- Rumah telah berkembang bukan lagi sebagai tempat tinggal saja. Arsitektur rumah menjadi salah satu gambaran perluasan fungsi rumah. 
Kabar Duka, Ibunda Angger Dimas Meninggal Dunia

Kini dengan banyaknya gagasan, wujud aristektur rumah semakin berkembang. Beberapa muncul rumah yang desainnya tak begitu lazim bahkan terkesan aneh. Desain rumah itu kerap dikenal rumah futuristik atau rumah masa depan. 
Pengemudi Fortuner Arogan yang Ngaku Adik Jenderal Buang Pelat TNI Palsu di Bandung

Dilansir io9, Selasa 4 Febuari 2014, berikut beberapa rumah futuristik yang telah dibangun di berbagai tempat. 
Ada Apa dengan Lolly? Ungkapan Capek dan Keinginan Hidup Tenang Jadi Sorotan

1. Sleeper House, Colorado AS

Rumah berarsitektur bulat panjang ini dibangun di kaki Gunung Genesee, Colorado, AS. 

Rumah ini merupakan salah satu tempat populer karena telah digunakan untuk film Sleeper pada 1973, yang didalamnya sutradata dan aktor ternama, Woody Allen terlibat. Sebab itulah rumah ini dinamai Sleeper House atau Sculptured House. 

Interior rumah ini bercorak putih dengan kursi-kursi indah dan jendela kaca yang langsung menyajikan pemandangan alam eksotik.

2. Steel House, Texas AS

Ekterior rumah bercorak warna coklat ini didesain Robert Bruno, di kawasan Ransom canyon, Lubbock, Texas, AS. Uniknya rumah ini terbuat dari baja.

Pertama kali dibangun pada 1973, dan selesai selama 23 tahun pada 1996. Secara total rumah ini menghabiskan 110 ton baja. 

3. Dupli Casa, Ludwigsburg, Jerman

Rumah futuristik dengan eksterior dan interior dominan putih ini dedesain arsitek J. Mayer H.

Rumah ini dibangun selama 3 tahun dari 2005 sampai 2008. Berlantai 3 dengan luas 6900 meter persegi.

Rumah ini berkonsep harmoni dengan lingkungan dan keindahan alam ini didesain dengan siluet berliku-liku. Di luar dan dalam rumah terdapat kolam renang yang indah. Jendela kaca dan interior didesain berpanoranama luas, menyuguhkan pandangan yang lebar.

4. House O, Jepang

Asia juga memiliki rumah futuristik. Di Jepang berdiri House O yang diarsiteki Jun Igarashi. Rumah ini terleta di daerah administrasi Hokkaido. 

Rumah ini berbentuk beberapa kotak kubus dengan warna eksterior hitam dan warna interior putih bersih. Tinggi ruangan dalam ini dibuat 10 meter.

5. House Fligh of Bird, Portugal

Didesain oleh arisitek Bernardo Rodrigues dalam delapan tahun, 2002-2010. Terletak di sisi utara pulau S. Michael, Azores.

Berdiri di daerah yang sering terdapat angin dan hujan, desain rumah dan halaman yang bisa memblokir angin.

Di lantai atas terdapat kamar pribadi sangat tertutup dan terproteksi angin. Seperti layaknya burung, bagian dua ruangan 'sayap' menyamping digunakan untuk dapur. 

Kedua sayap diakhiri dengan pintu masuk cahaya dari arah selatan. Atap rumah ini menawarkan pemandangan indah dari semua pulau pantai utara. 

6. Himmelhaus, California AS

Rumah ini diarsiteki Coop Himmelb, perusahaan arsitektur terkemuka dunia. Didirikan pada 1968 oleh Wolf D. Prix dan Helmut Swiczinsky.

Rumah ini dibangun dengan konsep menjulang tinggi. Bagian eksterior dominan warna kombinasi abu-abu dan putih. Bagian dapur terdiri dari peralatan nomor satu Eropa. 

Di bagian loteng atas, terdapat kursi untuk bersantai memandang langit di sekitarnya. Tangga yang menghubungkan antarlantai dibuat minimalis agar tak memakan ruangan.

7. House in Ashdod, Israel

Didesain oleh tim arsitek Zahavi menjalankan konsep rumah jalur matahari, menyesuaikan arah sinar sang surya. 

Warna didominasi dengan putih. Untuk menciptakan sensasi sejuk dan bercahaya. 

Lantai atas merupakan area pribadi dengan kamar tidur keluarga, termasuk kamar tidur utama, ruang keluarga, tiga kamar tidur anak, kamar mandi anak, ruang cuci dengan balkon dan galeri.

Atap terdiri dua bagian. Satu berisi panel surya sedangkan bagian lain berfungsi sebagai area pusat yang dilengkapi dengan furnitur tamam.

Rumah dua lantai ini memiliki ruang bawah tanah untuk kantor, ruang permainan, hone theater, kamar tidur. Ruangan bawaj tanah ini memiliki 3 jendela yang langsung menghadap ke kolam renang. 

8. Villa Kogelhof, Belanda

Villa transparan ini  dirancang arsitek Paul de Ruiter dengan misi kemandirian energi, untuk itu rumah ini dilengkapi dengan energi netral. 

Rumah ini dilengkapi sistem pemanas sentral yang dokombinasikan dengan pompa udara. Air hangat akan dihasilkan menggunakan kompor biomassa kecil. Listrik dihasilkan dari sel surya di atap. Dalam waktu dekat juga akan ditambahkan sumber energi dari kincir angin. 

Untuk semua musim, berada di dalam rumah ini tetap nyaman. 

Secara arsitektur, villa ini terdiri dua volume ditumpuk dengan bentuk persegi. satu membumi di tanah dan bagian lainnya mengambang di atas tanah. Kaca rumah ini didukung dengan frame V berbaja. 

Teletak di zona ekologi, pemilik rumah ini harus memenuhi syarat bangunan rumah harus melindungi hewan dan tumbuhan. Untuk itu sang pemilik rela menanam 71 ribu pohon dalam waktu 6 tahun. 

Rungan bawah tanah dapat terlihat dari atas kolam di luar rumah. Ruangan bawah tanah terdiri ruang penyimpanan, ruang kerja dan parkir. 

Ruang tamu terletak di kotak kaca yang melayang di atas tanah. Bagian ruangan yang melayang ini, direncanakan terbuka dan terdiri dari dapur, ruang tamu, kamar tidur, kamar mandi dan teras. Kaca yang dibuat mendukung pemandangan atas yang spektakuler.

9. Monte Rosa Hut, Swiss

Rumah milik Swiss Alpine Club ini unik. Dibangun di gunung dekat Zermatt, Swiss. Kokoh pada ketinggian 2883 meter. Diarsiteki Bearth & Deplazes Architekten dan selesai pada 2009. Rumah berbentuk kristal lima lantai ini berfondasi besi baja. 

Pada interior terdapat ruangan yang dengan desain kayu ala klasik. sedangkan eksterior dilapisi alumunium perak. 90 persen listrik rumah ini dipasok dari sinar matahari. 
Kelebihan energi disimpan dalam sebuah akumulator.

Desain jendela juga memungkinkan matahari memanaskan udara dalam gedung. Rumah ini akan difungsikan untuk stasiun riset mahasiswa.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya