Dukungan Microsoft atas Windows XP Berakhir Hari Ini

Logo Windows XP
Sumber :
  • REUTERS
VIVAnews
Komentar Calon Kiper Timnas Indonesia Usai Bawa Inter Milan Sabet Scudetto
- Raksasa piranti lunak dunia, Microsoft, Selasa ini mengakhiri dukungan atas sistem operasi lawas Windows XP. Dengan demikian komputer yang masih menggunaan sistem operasi berusia 13 tahun itu akan sangat rentan diretas pencuri data dan terjangkit virus-virus terbaru karena tidak lagi mendapat pemutakhiran dukungan keamanan dan perbaikan resmi dari tim Microsoft.

Prediksi Pertandingan Premier League: Brighton vs Manchester City

Menurut data statistik, seperti yang dikutip stasiun berita
KPK Sebut Prabowo Subianto Tak Perlu Setor Nama-Nama Calon Menterinya
BBC , sekitar 20-25% dari total komputer pengguna layanan resmi Microsoft Windows diperkirakan masih menggunakan XP, yang diluncurkan pada 2001, walau Microsoft sudah mengeluarkan tiga sistem operasi baru. Banyak pula yang bermigrasi ke sistem operasi terbaru dalam beberapa hari terakhir.  


Dave Emm, pakar dari firma keamanan piranti lunak Kaspersky, mengungkapkan bahwa pengguna komputer yang masih berbasis Windows XP saat ini berisiko tinggi disusupi malware. "Data kami mengindikasikan bahwa kurang dari seperlima pemakai produk kami masih menggunakan Windows XP, dan lebih dari seperempat komputer yang terinfeksi menggunakan Windows XP," kata Emm.


Tingkat infeksi, lanjut dia, diperkirakan bakal meningkat setelah 8 April ini, atau begitu dukungan keamanan untuk Windows XP dicabut. Paket dukungan terakhir dari Microsoft untuk Windows XP adalah perbaikan sejumlah bugs, yang salah satunya tergolong vital.


Maik Morgenstern dan Andreas Marx, pakar dari AV-Test Group di Jerman, mengungkapkan bahwa para pengguna Windows XP menduduki peringkat pertama dalam daftar korban yang diincar pencuri data siber. "Mereka mencari sasaran-sasaran lemah karena jauh lebih mudah menjangkiti sistem yang menggunakan sistem operasi lama seperti Windows XP dibandingkan dengan keluaran terbaru seperti Windows 8,1, yang sudah dilengkapi berbagai fitur keamanan," kata mereka.


Sementara itu, menurut kantor berita
Reuters
, masih banyak mesin anjungan tunai mandiri (ATM) di penjuru dunia yang masih menggunakan Windows XP. Baru sekitar sepertiga dari 2,2 juta ATM di penjuru dunia yang sudah memutakhirkan sistem operasi ke platform baru, seperti Windows 7 hingga awal April ini, ungkap NCR, salah satu produsen mesin ATM.   


"Masih banyak korporat yang belum menuntaskan migrasi jaringan komputer mereka ke sistem operasi yang baru," kata juru bicara Microsoft, yang menolak ungkap perusahaan mana saja yang masih menggunakan Windows XP. 


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya