Lihat Langit Malam Nanti, Planet Mars Terlihat Paling Terang

Mars dan Bumi
Sumber :
  • wakpaper.com
VIVAnews - Malam nanti jika sempat lihatlah ke langit. Sebab akan terjadi peristiwa langka. Matahari, Bumi, dan Mars akan berada dalam satu garis. Peristiwa ini hanya terjadi dalam beberapa tahun. 
Haru, Angelina Sondakh Ungkap Inspirasi Kebaikan Mendiang Mooryati Soedibyo

Menariknya, pada malam nanti, planet Mars akan tampak lebih terang dalam jangka 5 tahun terakhir. Bukan itu saja, Anda dapat menikmati penampakan Mars yang lebih terang itu mulai saat Matahari terbenam sampai terbit pada pagi hari 9 April. 
Kementerian Haji Meminta Jemaah Umrah Harus Keluar dari Arab Saudi pada 6 Juni

Jarak Bumi dengan Mars tercatat juga paling dekat pada tahun ini. Menariknya lagi, Bumi akan melewati antara Matahari dan Mars pada jarak sangat dekat, kondisi itu membuat Mars makin terang sejak Desember 2007. 
Gak Main-main, Manusia Silver di Makassar Bisa Raup Hingga Rp 8 Juta per Bulan

Melansir IBTimes, Selasa 8 April 2014, jarak Bumi dengan Mars saat ini 92,9 juta kilometer. Laman Eathsky menyebutkan Mars akan naik pada langit malam dan tetap tampak sepanjang malam. 

"Karena posisinya sangat dekat, Mars akan bersinar paling cemerlang di langit kita," ujar laman tersebut. 

Posisi unik Mars itu tidak akan kembali lagi sampai 22 Mei 2016. "Perhatikan Mars di timur malam hari ini, di titik tertinggi pada tengah malam dan di barat sebelum fajar".

Mars di langit Indonesia

Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), Thomas Djamaluddin, menjelaskan, untuk di Indonesia tergolong beruntung, sebab Mars yang sangat terang itu dapat dinikmati sepanjang malam nanti.

"Mulai terbit Magrib, kemudian di atas kepala pada tengah malam dan terbenamnya menjelang Matahari terbit," jelas Thomas. Namun, ia menekankan, penampakan itu akan dapat dilihat jika kondisi cuaca sepanjang malam ini cerah. 

"Mars akan tampak seperti bintang yang terang dan warnanya kemerah-merahan," ujar dia.

Terkait perkiraan cuaca, Thomas mengatakan, kemungkinan cuaca akan baik untuk mengamati terang Mars itu.

Menariknya lagi, Thomas mengatakan, terang Mars itu bukan hanya berlangsung pada sepanjang malam nanti saja. Penampakan menarik itu bisa berlangsung sampai pertengahan April nanti. 

"Mars ini nanti paling terang dibandingkan penampilan Mars sesudah April," kata dia. (art)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya