Ditemukan, Serangga Betina Berpenis

Serangga Alien
Sumber :
VIVAnews 
Viral! 4 Pria Terkapar Dipukuli di Depan Polres Jakpus Dipicu Pengeroyokan Anggota TNI
- Peneliti menemukan serangga aneh di Brasil, memiliki alat kelamin seks terbalik. Hewan yang diidentifikasi serangga betina itu diketahui memiliki penis. Serangga yang termasuk dalam genus Neotrogla itu ditemukan pada sebuah gua di timur laut Brasil.

Layani Pemudik, Kemenhub Minta KAI dan KCIC Tambah Armada KA Feeder Whoosh

Melansir stasiun berita BBC, Minggu 20 April 2014, peneliti mengamati perilaku serangga selama masa persetubuhan 40-70 jam. Serangga Neotrogla betina  ternyata memasukkan organ ereksi itu ke lubang vagina. Struktur rumit yang dijuluki dengan gynosome itu digunakan untuk menghisap sperma dan cairan mani bergizi.
Indonesia, Singapore Discuss Labor Cooperation


"Meski peran seks terbalik telah diidentifikasi pada beberapa hewan berbeda, Neotrogla merupakan satu-satunya contoh dimana organ pengirim sperma juga terbalik," jelas pemimpin studi, Kazunori Yoshizawa dari Hokkaido University, Jepang.


Setelah serangga jantan masuk, bagian membran gynosome betina mengembang. Kemudian saat peneliti berupaya memisah jantan dan betina, perut jantan robek dari dada tanpa merusak pasangan organ genital itu.


Peneliti berspekulasi hal yang mempengaruhi peran seks yang terbalik itu yakni lingkungan gua yang miskin sumber daya. Temuan serangga yang aneh itu memberikan peluang baru untuk menguji ide tentang seleksi seksual, konflik antara jenis kelamin dan evolusi baru.


"Serangga itu akan menjadi penting untuk mengungkapkan kenapa diantara banyak hewan yang memiliki peran seksual terbalik, hanya Neotrogla yang menguraikan penis betina," tambah Yoshitaka Kamimura, penelit dari Keio university, Jepang.


Temuan ini telah dilaporkan pada jurnal Current Biology.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya