Ini Hewan Tercepat di Dunia

Kutu hewan darat tercepat di dunia.
Sumber :
  • dailymail.co.uk
VIVAnews -
Declan Rice: Rodri Salah Satu Pemain Terbaik di Dunia
Pernahkah terbayangkan hewan apa yang tercepat di dunia? Anda mungkin akan menyebut , kucing gurun yang mampu berlari hingga 70 mil per jam.

Otto Hasibuan Sebut Gugatan Sengketa Pilpres Anies dan Ganjar Sebuah Kemunduran

Memang hewan itu bisa berlari sangat cepat. Tapi, penelitian terbaru menyebutkan, kutu kecil jenis Paratarsotomus Macropalpis merupakan hewan yang memecahkan rekor sebagai hewan tercepat di dunia.
MIND ID Pastikan Beri Manfaatan Bagi Daerah Wilayah Kerja, Begini Caranya


Melansir
Daily Mail
, Rabu 30 April 2014, kutu kecil tak lebih besar dari biji wijen itu, diukur berjalan sampai 322 panjang tubuh per detik. Kecepatan itu setara dengan manusia yang berjalan kira-kira 1.300 mil per jam. Fantastis.


Rekor itu juga mengalahkan kecepatan kumbang harimau Australia yang mencapai 171 panjang tubuh per detik.


"Sangat keren menemukan sesuatu yang lebih cepat dari apapun," ujar Samuel Rubin, mahasiswa dari Pitzer College.


Rubin menambahkan pengukuran itu juga bisa menguak pengetahuan baru dari sisi fisika terhadap bagaimana hewan kecil itu bisa mencapai kecepatan tersebut.


Temuan itu juga membuat pembimbing Rubin, Jonathan Wright tertarik mempelajari efek otot biokimia saat kutu kecil itu menggerakkan kaki.


Wright menyebutkan dalam teori, kecepatan relatif dan frekuensi langkah meningkat terjadi pada hewan yang semakin kecil. Fisiologi otot harus ada pada beberapa titik batas seberapa cepat kaki bergerak. Untuk hal ini, Wright mengakui belum bisa menguaknya.


Dalam merekam kecepatan kutu kecil itu, peneliti menggunakan kamera berkecepatan tinggi. Kecepatan diukur dalam laboratorium dan lingkungan alam hewan itu.


"Ini sebenarnya cukup sulit menangkap mereka dan saat kami tengah merekam di luar, Anda harus mengikuti mereka dengan sangat cepat karena cakupan pandang kamera hanya 10 cm," jelas Rubin.


Tim juga menemukan hal menarik. Hewan kecil itu bisa bertahan pada suhu hingga 60 derajat celcius, suhu yang mematikan bagi kebanyakan hewan.


Kutu lokal itu ditemukan pada California bagian selatan dan sering berkembang di sepanjang batu dan trotoar. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya