Upaya Ini Bisa Tingkatkan Kecepatan Internet Indonesia

Ilustrasi.
Sumber :
  • myfrontporchswing.com
VIVAnews - Kecepatan koneksi internet di Indonesia memang masih sangat tertinggal dibanding negara lain.
Bicarakan Hubungan dengan Rizky Irmansyah, Nikita Mirzani: Hampir Setiap Hari Nangis

Menurut rata-rata kecepatan koneksi internet dunia yang dirilis Akamai, peringkat konesi internet Indonesia di antara negara Asia Tenggara masih kalah dari Singapura yang menempati urutan ke-22 dan Malayisa yang menduduki peringkat 71. Sementara itu, Indonesia masih tercecer di peringkat 118 dengan rata-rata kecepatan koneksi di bawah 2 Mbps.
Lupakan Kekalahan dari Qatar, Timnas Indonesia U-23 Harus Fokus Benamkan Australia

Namun, dengan makin banyaknya pemain broadband berbasis kabel optik, kecepatan koneksi internet di Indonesia perlahan bakal naik.
5 Fakta Menarik Jelang Duel Bayern Munich vs Arsenal di Liga Champions

"Nanti rata-rata kecepatan koneksi sudah pasti naik. Itu wajar, karena kehadiran pemain memberi efek domino, kompetitor pasti bakal menggelar program yang bisa menaikkan akses internet," jelas Aditya Haikal, Marketing Division Head PT MNC Kabel Mediacom usai peluncuran layanan broadband Play Media di Menara MNC, Jakarta, Selasa 6 Mei 2014.

Ia menambahkan, layanan broadband yang diberikan dengan kabel optik memberikan akses yang lebih stabil dibandingkan koneksi mobile broadband.

"Lebih andal dibandingkan broadband LTE atau 4G," ujar Haikal.

Hal itu memicu peningkatan penggunaan layanan broadband kabel optik. Terlebih lagi, jika pemain kabel optik bisa memberikan variasi.

Haikal mencontohkan, layanan kabel optik yang memungkinkan untuk sinkronisasi dengan konten di mobile, menjadi daya tarik pengembangan fix broadband.

Hal senada juga disampaikan Ade Tjendra, Direktur MNC Kabel Mediacom. Ia yakin kenaikan kecepatan internet Indonesia bakal meningkat dengan basis demografi yang didominasi oleh kawula muda.

"Ada potensi tinggi. Penduduk kita didukung oleh usia muda yang produktif dan haus telekomunikasi serta media," kata dia.

Sementara itu, pertumbuhan kelas menengah dengan produk domestik bruto (PDB) US$4 ribu juga makin naik ke depan, sehingga sangat mendukung pemain fix broadband menggelar layanan dan berujung pada peningkatan kecepatan internet. (art)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya