Ini Ponsel Braille Pertama di Dunia

Ponsel Braille buatan OwnFone
Sumber :
  • Ownfone

VIVAnews - Perusahaan telekomunikasi yang berbasis di London membuat sebuah ponsel Braille pertama di dunia. Diharapkan dengan ponsel ini, para pengguna tuna netra bisa berkomunikasi dengan teman dan keluarga melalui jaringan seluler.

Disain ponsel ini menggunakan teknologi cetak 3D di bagian depan dan belakangnya. Bahkan bisa dikostumisasi sedemikian rupa, lengkap dengan tombol keypad yang ramah untuk tunanetra maupun pengguna ponsel normal.

Menurut perusahaan pembuatnya, OwnFone, ponsel braille itu desain dengan warna yang bervariasi. OwnFone mengklaim, ini adalah ponsel braille pertama yang dipasarkan secara global.

Bang Jago Peras 3 Minimarket di Jakbar, Ngambil Barang Seenaknya tapi Gak Mau Bayar

Ditambahkan penemu ponsel ini, Tom Sunderland, teknologi cetak 3D di bagian depan dan belakang ponsel tidak membutuhkan banyak biaya. Bahkan teknologi printing tersebut mampu menstabilkan harga produksi ponsel tetap berada di bawah Rp1,1 jutaan.

"Ponsel ini bisa dipersonalisasikan menjadi dua atau empat tombol saja pada keypadnya. Tombol-tombol tersebut bukan merepresentasikan angka tapi fungsi. Baik untuk menelepon teman, keluarga, kolega maupun layanan darurat," ujar Sunderland, seperti dikutip dari Times of India, Senin 19 Mei 2014.

Untuk melakukan kostumisasi dan personalisasi pada ponsel Braille itu, pengguna bisa melakukan permintaan khusus langsung ke perusahaan pembuat ponsel.

Meski ponsel ini diklaim sebagai yang pertama dipasarkan secara global namun ide ini bukanlah yang pertama. Tahun lalu, perusahaan start-up asal India, Kriyate juga pernah membuat prototipe smartphone ber-keypad Braille. Ponsel buatan Kriyate dilengkapi dengan keypad braille dan feedback yang dapat dikontrol untuk menimbulkan bunyi atau getar setelah menerima perintah tertentu dari penggunanya. Sayangnya ponsel tersebut hanya prototipe dan belum sempat dipasarkan.

Ownfone sejatinya telah menelurkan ponsel sejak 2012 lalu. Ponsel pertamanya diluncurkan tahun itu dengan kelebihan berupa teknologi cetak 3D di keypad dan casing. Setahun kemudian, Ownfone mengembangkan sebuah ponsel yang bisa digunakan untuk anak-anak bernama 1stFone. Ponsel ini hanya seukuran kartu kredit dengan tombol yang dapat diprogram agar anak-anak dapat menghubungi kontak penting atau orang tua. Bisa jadi OwnFone ini tercipta berdasarkan konsep dari dua perangkat sebelumnya.

VIVA Militer: TNI AL berhasil ungkap penyelundupan 19 Kg sabu-sabu dari Malaysia

TNI AL Bekuk Penyelundup Kristal Haram dari Malaysia Senilai 19 Miliar di Pulau Siondo

Prajurit TNI AL yang berhasil memburu dan menangkap pelaku berasal dari satuan Tim F1QR Lantamal IV Batam, Koarmada I

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024