Begini Tampang Kapsul Baru Luar Angkasa

SpaceX Dragon V2
Sumber :

VIVAnews - Setelah lama disimpan, akhirnya SpaceX memamerkan mainan barunya, sebuah kapsul luar angkasa. Kapsul ini merupakan kendaraan baru NASA yang akan digunakan untuk membawa astronot ke stasiun luar angkasa (ISS).

"Kami ingin menunjukkan bahwa kami telah membuat langkah besar di bidang teknologi. Ini merupakan awal untuk naik ke tingkat yang baru," ujar CEO SpaceX, Elon Musk, seperti dikutip dari LA Times, Sabtu 31 Mei 2014.

Musk, yang yakin kapsul ini akan membawa manusia ke ISS suatu saat nanti, mengatakan bahwa sudah saatnya sebuah pesawat luar angkasa bisa terbang dan mendarat layaknya helikopter. Aksinya harus mulus, saat lepas landas atau mendarat. "Begitulah seharusnya sebuah kapal luar angkasa di abad 21 ini," katanya.

Kapsul itu, yang diberi nama Dragon V2, didesain untuk bisa membawa tujuh orang sekaligus. Bentuknya simpel, mirip dengan kapsul. Bisa dibilang, ini merupakan versi modern dari Apollo yang pernah digunakan astronot di 1960.

Syamsuddin Haris Heran Albertina Ho Dilaporkan ke Dewas, Sindir Dugaan Etik Nurul Ghufron

Tidak seperti pesawat Apollo, Dragon V2 akan bisa digunakan berulang kali. Hal ini tentu saja sangat menguntungkan NASA karena terhindar dari pembengkakan anggaran.

Selama ini, setiap aksi peluncuran roket ke ISS, NASA tidak pernah menggunakan Apollo yang sama dua kali berturut-turut. Hal ini, menyebabkan anggaran NASA membengkak, yang pada akhirnya membuat NASA 'pensiun' pada 2011 lalu.

Sejak itu, badan luar angkasa Amerika itu berpikir keras untuk bisa mengirim astronot mengunjungi ISS. Bahkan pihak Rusia, rekan Amerika dalam mendirikan ISS, menawarkan untuk menumpang pesawatnya.

Bawaslu Ultimatum Jajaran Tak Main Mata Dalam Proses Rekrutmen Panwascam Pilkada 2024

Namun, Rusia membanderol US$71 juta kepada Amerika untuk harga sewa satu bangku. Hal ini, membuat Amerika semakin galau. Rusia sampai mengeluarkan pernyataan bahwa ISS akan dioperasikan tanpa campur tangan Amerika lagi. Tidak ada jalan lain bagi NASA selain bekerja sama dengan pihak swasta.

SpaceX merupakan perusahaan yang diketahui berhasil mengirimkan kendaraan luar angkasanya ke orbit dan kembali dengan selamat. Jadilah, SpaceX memenangkan kontrak NASA senilai US$1,6 miliar. Kontrak sebesar itu sebagai imbalan untuk mengantarkan pasokan yang disediakan Amerika untuk ISS sebanyak 12 kali pengiriman.

Merinding, Isi Pesan Terakhir Raja Aibon ke Pasukan Tengkorak Sebelum Tinggalkan Kostrad TNI

Setelah puas dengan layanan pengiriman ke luar angkasa yang dilakukan SpaceX, NASA pun mempercayakan proyek pembuatan kendaraan luar angkasa yang bisa mengantarkan astronot. Proyek itu bernilai US$500 juta.

Untuk menguji ketangguhan Dragon V2, SpaceX akan melakukan uji terbang untuk pertama kalinya pada akhir 2016 nanti. (asp)

Pisces

4 Tanda Zodiak Paling Sederhana dan Humble, Apakah Kamu Termasuk dalam Daftar Ini?

Ada beberapa tanda zodiak yang dikenal karena sifat-sifat sederhana dan kerendahan hati yang membuat mereka menonjol di antara yang lain. Salah satunya yaitu Virgo.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024