Begini Cara Asyik Google Sambut Ramadan

Google Cafe Ramadhan
Sumber :
  • Vivanews/AmalNN

VIVAnews - Menyambut datangnya bulan suci Ramadan, Google tengah mempersiapkan hub khusus untuk memeriahkan aktivitas umat muslim. Perusahaan mesin pencari raksasa itu tengah menyediakan Google Ramadan Hub.

Google Ramadhan Hub merupakan sebuah layanan yang mengumpulkan semua akses produk Google. Dengan hub ini, Google akan meramaikan aktivitas orang yang berpuasa.

"Dengan teknologi Google hub ini memudahkan orang untuk saling bersilaturahmi, berkumpul bersama. Itu sangat penting. Agar semua aktivitas bisa efisien," ujar Krishna Zulkarnain, Country Marketing Manager, di Jakarta, Selasa 17 Juni 2014.

Google Hub untuk Ramadan ini merupakan rangkaian layanan Google yang terdiri dari Google Maps, Google Keep, Google Calendar, Google HangOut, hingga Channel YouTube khusus untuk tutorial membuat menu masakan. Hub Google Ramadan ini berisi di antaranya Plan together, Get together, Eat together dan Enjoy together.

Google mengakui layanan hub khusus untuk Ramadhan sudah pernah diluncurkan pada bulan puasa tahun lalu. Namun saat itu hub Google edisi Ramadhan itu masih bersifat sederhana.

Khusus untuk hub kali ini, Google menambahkan layanan pencarin lokasi dan rute khusus untuk mudik. Produk ini memanfaatkan layanan Google Maps.

Mudik Lebaran 2024 Dinilai Beri Dampak Positif untuk Perekonomian Indonesia

Lebih Detil

Uniknya layanan perencanaan mudik berbasis peta ini menampilkan arahan lokasi mudik yang akan dituju dengan lebih detil. Google Maps juga memberikan estimasi jarak tempuh sampai lokasi tujuan. Bahkan peta Google ini mempertimbangkan jika rute yang dilalui terjadi kemacetan panjang. Pengguna akan melihat waktu tempuh dengan kondisi macet.

Google Maps juga memberikan lokasi pendukung untuk berbuka, serta mushola atau masjid di sekitar pengguna. Cukup dengan mengetikkan atau bersuara di Google Now, maka akan terdapat informasi tempat berbuka dan mushola terdekat.

Sebagai tambahan untuk mempersiapkan berbuka, Google juga menyediakan channel tutorial memasak menu berbuka, dalam YouTube. Google mencontohkan terdapat channel Kokiku.TV. Dengan cara ini pengguna dapat menyiapkan menu khusus berbuka bagi keluarga tercinta.

Hub khusus Ramadhan untuk saat ini belum resmi diluncurkan. Google akan meluncurkan sehari sebelum puasa, yakni 27 Juni nanti.

"Layanan ini mobile-friendly, jadi sangat bagus, jadi bisa sangat mobile customize," ujar Krishna. (ren)

Bakal Ada Adegan Ranjang Kim Soo Hyun dan Kim Ji Won di Queen of Tears?
YouTube Luncurkan sebuah Serial Dokumenter 5 bagian

YouTube Luncurkan sebuah Serial Dokumenter 5 bagian berjudul “Seribu Kartini”

YouTube meluncurkan sebuah serial dokumenter 5 bagian berjudul “Seribu Kartini” yang menyoroti lima kreator YouTube dari latar belakang yang berbeda-beda.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024