Seberapa Banyak Informasi yang Tersimpan di Tubuh Manusia?

Ilustrasi gen
Sumber :
  • iStock
VIVAnews - Berapa total jumlah informasi yang ada dalam sebuah tubuh manusia? Pertanyaan yang tak mudah dijawab. 
Usai Nasdem, Presiden PKS Ahmad Syaikhu Sambangi Cak Imin di Markas PKB

Sebagai gambaran, untuk informasi kode gen manusia, yang sangat kompleks dalam setiap sel manusia, setara dengan 1,5 GB. Diketahui, seluruh tubuh manusia memiliki sekitar 40 triliun sel tubuh. Maka jika ditotal seluruh tubuh manusia memiliki informasi setara dengan 60 Zettabyte atau 65 triliun GB. 
Jangan Asal Pilih Lensa Kontak, Bisa Sebabkan 5 Masalah Serius Ini

Melansir Gizmodo, Jumat 4 Juli 2014, dalam video channel YouTube, Veritasium dijelaskan total angka itu sama dengan perkiraan jumlah informasi digital dunia pada 2020 mendatang. Artinya, jumlah informasi digital di dunia sama dengan jumlah informasi pada satu manusia. 
Jasad Wanita Open BO yang Dibunuh Hanyut Dibuang di Kali Bekasi Hingga ke Pulau Pari

Dari sini berarti, untuk mengolah informasi yang dibutuhkan menduplikasi informasi manusia butuh sangat banyak informasi. 

Namun uniknya, nyaris seluruh informasi genetik kita, 99,9 persen, terdapat pada setiap orang yang ada di bumi. Sedangkan perbedaan antara satu orang dengan yang lainnya, hanya kurang dari 1 MB infromasi. 

Untuk diketahui, channel video Veritasium merupakan channel khusus untuk sains dan pendidikan yang diciptakan oleh Derek Muller, seorang presenter televisi. Dalam menyampaikan informasai, channel ini menyajikan wawancara dengan para pakar misalnya peraih Nobel Fisika 2011, Brian Schmidt. 

Sejauh ini, channel video itu telah mengunggah 185 konten video dan lebih dari 1,5 juta pengguna YouTube berlangganan channel tersebut. (one)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya