Pantau Cuaca, BMKG Luncurkan With Globe

Foto terakhir bumi tahun 2010
Sumber :
  • NOAA/NASA GOES Project
VIVAnews
Arus Mudik di Aceh Diprediksi Meningkat 9 Persen pada 2024
- Media visualisasi hasil observasi fenomena cuaca bumi dengan nama WITH GLOBE diluncurkan di BMKG, Kamis, 11 September 2014. Dengan display berbentuk bola dunia (globe) with globe menyajikan fenomena cuaca di bumi yang merupakan hasil observasi selama 365 hari.

Ketahui Manfaat dan Risiko Saham Blue Chip, Dapatkan Dividen yang Konsisten

Tampilan parameter cuaca yang ditampilkan berupa
Beli Properti Bisa untuk Rumah Tinggal Sekaligus Investasi Jangka Panjang
cloud cover setiap 1 jam,
ocean current
setiap satu hari,
sea surface temperature
setiap satu hari,
surface isoba
setiap 12 jam dan significant weather setiap kejadian (tropical cyclone).


Pemasangan with globe di BMKG ini menggunakan lisensi langsung dari Weather News Incorporated dari Jepang, dan BMKG berada di urutan nomor dua untuk pemasangan setelah kantor pusat WMO di Jenewa.


Seperti rilis yang dikeluarkan BMKG, With globe memiliki fungsi sebagai alat/media komunikasi BMKG kepada masayarakat tentang layanan informasi MKG, di mana informasi yang dihasilkan oleh BMKG semakin banyak dikonsumsi oleh masyarakat dan hal ini sejalan dengan undang-undang nomor 14 tahun 2008 tentang keterbukaan informasi publik.


Peluncuran With Globe ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Kepala BMKG, Andi Eka Sakya dan dihadiri pejabat eselon I-IV BMKG, CEO Weather News Inc, perusahaan layanan cuaca dunia dari Jepang.


Peluncuran With Globe diharapkan menjadi keberhasilan BMKG dalam memberikan layanan publik, terutama tentang informasi cuaca, iklim, kualitas udara, perubahan iklim, seismologi teknik, tanda waktu, listrik udara, gempa bumi dan tsunami," kata Andi Eka Sakya.


Selain itu, diadakan penandatanganan Letter of Intent antara pihak BMKG dengan Weather News Inc dengan tujuan, menyatukan keinginan bersama kedua belah pihak untuk memulai sebuah diskusi mengenai rencana kerja yang akan digarap bersama.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya