Samsung Jadi Korban Penurunan Pasar PC

Samsung Chromebook
Sumber :
  • http://google.com
VIVAnews - Penurunan pasar PC dunia memakan korban. Setelah perusahaan teknologi besar Jepang, Sony, kini giliran Samsung menjadi korban. Perusahaan Korea Selatan itu mengumumkan menghentikan penjualan produk PC, yakni Ativ Windows dan Chromebook di seluruh pasar Eropa. 
Daftar Tempat Charging Mobil Listrik di Tol Trans Jawa saat Mudik Lebaran 2024

Sebelumnya, pada awal tahun lalu, Sony mengawali penghentian penjualan produk PC besutannya di pasar Benua Biru, setelah kalah bersaing dengan kompetitor dan penurunan pasar PC di Eropa. Sony pada awal tahun lalu menyetop penjualan PC Vaio besutannya.
Meet Nicole Shanahan, VP Candidate of the United States

Melansir The Inquirer, Rabu 24 September 2014, pengumuman penjualan produk di Eropa disampaikan juru bicara Samsung. 
Kembali Lagi ke Jakarta Setelah 5 Tahun, TVXQ: Akhirnya Bertemu Kembali

"Kami dengan cepat beradaptasi dengan kebutuhan pasar dan tuntutan di Eropa. Kami akan menghentikan penjualan laptop, termasuk Chromebook untuk saat ini khusus di wilayah Eropa. Keputusan ini tak mencerminkan kondisi di pasar lain," ujar jubir itu. 

Samsung menambahkan, perusahaan akan menyesuaikan dengan kondisi pasar dan tetap berusaha mempertahankan daya saing di kategori PC. 

Persaingan pasar PC di Eropa memang sengit, sampai Samsung dan Sony gagal menyaingi dominasi Lenovo maupun HP. Samsung juga belum bisa menembus lima besar PC dunia yang dikuasai Lenovo, HP, Dell, Acer, dan Asus. 

Menurut perusahan riset data global, IDC, pasar PC memang tengah menurun. Data ICD menyebutkan pengiriman PC di seluruh dunia diperkirakan bakal turun 3,7 persen menjadi 303 juta unit pada 2014. 

Sedangkan perusahaan riset lain, Gartner mengatakan keputusan Samsung menghentikan penjualan PC Chromebook di pasar Eropa justru makin membuat perjuangan Chromebook untuk mendominasi kategori perangkat PC makin kecil. Sebab, Samsung merupakan pemimpin pasar dekstop yang menjalankan sistem operasi besutan Google itu. Di pasar Chromebook, Samsung meraih pangsa 65 persen. (asp)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya