Bantah Jadul, Opera Mini Klaim Miliki 30 Juta Pengguna

Opera Mini untuk iPhone
Sumber :
  • neolaia.gr

VIVAnews - Penetrasi penggunaan internet melalui smartphone di Indonesia naik 26 persen dari tahun lalu. Hal tersebut berimbas pula terhadap pertumbuhan yang dirasakan Opera Mini sebagai aplikasi browsernya.

Opera menolak bahwa aplikasinya sudah usang dan jadul. Mereka lantas membeberkan laporan dari State of the Mobile Web dari Opera Software yang menggambarkan Opera Mini mengalami peningkatan pengguna.

"Berdasarkan data server per Juli 2014, ada lebih 30 juta pengguna aktif," ujar Agnes Agastia selaku Communication Manager Opera Software Indonesia di Jakarta, Kamis 16 Oktober 2014.

Dikatakannya, penggunaan Opera Mini pada smartphone Android tumbuh 156 persen dibandingkan Juli 2013. Kemudian, disusul oleh Opera Mini di iOS naik 71 persen dan BlackBerry melonjak 54 persen dalam periode yang sama.

Dalam pertumbuhan tersebut, Opera Software menjelaskan, usia rata-rata di Indonesia berkisar di usia 24 tahun, dimana 4 dari 10 pengguna masih duduk di bangku sekolah atau universitas.

Meski mengalami pertumbuhan di sektor ponsel pintar, Opera Software mengakui bahwa masih banyak pengguna Opera Mini diakses di feature phone.

Namun, disayangkan, mereka enggan untuk membeberkan perbandingan penggunaan Opera Mini di smartphone dan feature phone. "Yang pasti jauh lebih sedikit penggunaan di feature phone daripada smartphone," ungkap Agnes.

Politik

Prediksi Semifinal Piala FA: Coventry City vs Manchester United

Selama laporan itu dipaparkan, Opera Software mengungkapkan bahwa browsernya sering diakses untuk mencari informasi politik, hukum, dan pemerintah.

Diungkapkan, perhatian terhadap politik, hukum, dan pemerintah, karena pada saat itu sedang gencar-gencarnya mengenai pemilihan presiden Indonesia.

"Tercatat ada 59 persen pengguna aktif melakukan browsing untuk ketiga kategori tersebut," jelas Agnes.

Hal ini, kata Agnes, mengungguli konten populer lainnya yang diakses di Opera Mini seperti kategori umum sekitar 22 persen dan bisnis mencapai 17 persen. (ita)

Politisi DPP PKB, Daniel Johan

DPP Berani Ungkap Indonesia sedang Dilanda Krisis Paling Berbahaya

Ketua DPP BERANI, Lorens Manuputty menyoroti tiga krisis yang terjadi di Indonesia saat pelantikan tersebut. Menurut dia, Indonesia saat ini sedang mengalami krisis yang

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024