Intip Jam Tangan Khusus bagi Astronaut

Omega Speedmaster Skywalker X-33
Sumber :
  • www.cnet.com/Omega

VIVAnews - Ada beragam merek jam tangan yang dibuat untuk kebutuhan masing-masing. Tentunya setiap produk jam tangan memiliki karakteristik dan fitur khusus.

Smartfren Bakal Rights Issue Rp 8,5 Triliun, Ini Jadwalnya

Misalnya, jam tangan untuk para pekerja pertambangan tentu dilengkapi dengan fitur khusus yang memiliki daya tahan tertentu.

Bukan hanya pekerja pertambangan yang membutuhkan jam tangan khusus. Astronaut pun butuh jam tangan. Untungnya, Omega, produsen jam tangan mewah Swiss, juga memproduksi jam tangan bagi astronaut.

Omega tercatat telah mengembangkan jam tangan bagi astronaut sejak 1965 dan hingga kini tetap menyediakan jam tangan khusus untuk mendukung eksplorasi antariksa.

Pada 1965, Omega membuat Omega Speesmaster yang telah mendapat sertifikasi perjalanan antariksa dari Badan Antariksa Nasional AS (NASA). Kemudian pada Juli 1969, Omega Speedmaster menjadi jam tangan pertama di bulan.

Dan hingga kini, melansir Cnet, Selasa 16 Desember 2014, Omega terus melanjutkan produksi jam tangan. Teranyar, produsen itu merilis Omega Speesmaster Skywalker X-33.

Identitas 7 Korban Tewas Kebakaran Toko Frame di Mampang Jaksel

Jam tangan ini memiliki fitur yang dikembangkan dan dipatenkan oleh astronaut Badan Antariksa Eropa (ESA), Jean-François Clervoy. Ia telah menghabiskan pengalaman di antariksa selama 675 jam.
 
Membayangkan antariksa tentu saja jam tangan ini memiliki kemampuan khusus. Secara umum jam tangan Omega ini digunakan untuk menetapkan waktu dan tanggal baik di masa lalu maupun di masa depan.

Jam tangan juga memiliki sejumlah alarm dengan nada yang berbeda. Fitur ini setidaknya mendukung untuk tugas pelacakan dan misi di antariksa.

"Kami senang teman-teman kami di Badan Antariksa Eropa telah menguji dan memenuhi syarat Speedmaster Skywalker X-33 untuk semua misi uji coba. Ini merupakan perjalanan hubungan kami dengan NASA dan program antariksanya," jelas Presiden Omega, Stephen Urquhart.

Bos Omega itu menambahkan Speesmaster Skywalker X-33 memiliki 12 fungsi secara keseluruhan, yaitu pengaturan jam, menit, detik hingga tiga zona waktu berbeda. Selain itu, ada fungsi chronograph, kalender abadi, LDC digital serta layar analog dengan Super-Luminova-Coated, yang memudahkan saat berada di tempat gelap.

Dari sisi interior, jam tangan ini dibungkus dengan casing titanium kelas 2 dan dengan gelang jam tangan yang memiliki fitur daya tahan. Jam ini didukung dengan gerakan chronograph kuarsa multifungsi, Omega kaliber 5619.

AS Ngaku Sudah Tahu Israel Akan Serang Iran, Tapi Tidak Setuju

Serangkaian Uji Coba

Untuk menciptakan jam tangan ini tentu tak mudah. Omega menjalani serangkaian uji coba. Pertama menguji secara ketat di fasilitas Eetec ESA, di Noordwijk, Belanda, dalam kondisi antariksa.

Tujuannya untuk memastikan jam tangan bisa bertahan seperti astronaut. Uji coba termasuk tekanan tujuh kali gravitasi Bumi. Pengujian ini agar jam tangan bisa bertahan dari getaran pesawat antariksa saat peluncuran.

Tak berhenti di situ saja, jam tangan juga diuji dengan pengujian suhu ektrem dalam ruang vakum, dari suhu -45 derajat hingga 75 derajat celcius. Pada tes ini jam tangan dibombardir dengan radiasi dengan pengawasan penuh Onera Desp, Laboratorium Kedirgantaraan Prancis. Setiap jam laboratorium akan mengulas sejauh mana fungsi jam tersebut.

Speedmaster Skywalker X-33 tersedia dengan harga US$5900 (Rp75,6 juta) Untuk mengetahui lebih lanjut, Anda bisa menginstal pada aplikasi khusus jam tangan ini pada aplikasi iOS. (art)

Baca juga:

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya