Militer Laut AS Uji Drone Hiu di dalam Air

GhostSwimmer
Sumber :
  • www.cnet.com
VIVAnews -
Bansos Sembako dan PKH Kembali Disalurkan, Pos Indonesia Wanti-wanti Ini
Seperti diketahui, drone menjadi fenomenal saat ini karena cukup efisensi untuk mempermudah pekerjaan manusia, baik untuk pengawasan wilayah negara sampai mendukung kebutuhan hiburan.

27 Korban Penipuan Investasi Rp52 Miliar Geruduk Rumah Orang Tua Pelaku di Tasikmalaya

Selama ini drone sering dkaitkan dengan pesawat tanpa awak, namun bagi di tangan tim Angkatan Laut Amerika Serikat persepsi itu coba diubah. Militer laut AS itu menciptakan drone sebagai alat yang bisa dimanfaatkan di dalam air.
Volume Transaksi BRImo Capai Rp 1.251 Triliun di Kuartal I-2024


Seperti yang diberitakan
Cnet,
Kamis, 18 Desember 2014, berawal dari inspirasi dari film Jaws, Angkatan Laut AS membuat drone bawah air. Uniknya drone ini berbentuk hiu yang disebut GhostSwimmer.


'Hiu buatan' ini menjadi pilihan militer negara adidaya itu untuk membantu dalam visibilitas intelijen, pengawasan, dan pengintaian dalam misi rendah.


Dari segi tampilannya, GhostSwimmer ini memiliki panjang sekitar lima meter dengan berat mencapai 100 kilogram sehingga menyerupai ukuran ikan Tuna. Meski begitu, AS terus menyempurnakan rancangan drone agar serupa dengan hiu dengan didukung adanya punggung yang terdapat sirip, ciri khas hiu. Drone bawah air ini juga dilengkapi dengan ekor yang bisa digerakkan layaknya hewan laut.


GhostSwimmer ini dapat menyelami laut hingga kedalaman 300 kaki (91,4 meter), dimana untuk mengendalikannya dilakukan dengan bantuan perangkat yang terkoneksi.


Proyek drone ini merupakan hasil dari Silent Nemo dari Angkatan Laut AS. Meski tak memberikan rincian biaya untuk pembuatan GhostSwimmer, AS berharap drone ini dapat menjawab tantangan paling mendesak bagi mereka di lautan.


Baca juga:

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya