VIDEO: Tampilan Langit Jika Planet Tetangga Dekat ke Bumi

Saat Saturnus Berdekatan dengan bumi
Sumber :
  • YouTube/YetiDinamics

VIVAnews - Bagaimana bila posisi Bulan, yang saat ini mengorbit Bumi, digantikan dengan planet-planet yang ada di tata surya? Hasilnya begitu menakjubkan, planet tersebut akan terlihat cukup jelas untuk dipandang dengan mata telanjang manusia.

Salah seorang pengguna YouTube, dengan nama akun Yeti Dynamics, mencoba untuk menunjukkan posisi satelit alami Bumi yang digantikan dengan planet-planet lain, melalui video yang ia rancang dan unggah di situs berbagi video tersebut.

"Ini adalah visualisasi dari apa yang mungkin akan terjadi. Seperti bila Bulan digantikan dengan planet lainnya, dengan jarak yang sama hasilnya akan sangat luar biasa," ungkap dia seperti dilansir dari laman Daily Mail, 2 Januari 2015.

Tampak dari video tersebut, planet seperti Mars dan Venus masih memiliki ukuran seperti Bulan bila berada di posisinya, meski planet tersebut terlihat lebih besar daripada Bulan. Namun, berbeda dengan Neptunus dan Uranus. yang mempunyai ukuran planet yang lebih besar atau sekitar tiga kali lipatnya.

Sementara, Jupiter dan Saturnus lebih mencengangkan lagi, dengan ukurannya melebihi planet Neptunus dan Uranus. Bila Jupiter dan Saturnus berada di dalam posisi orbit Bulan maka hasilnya, planet tersebut terlihat sangat besar. Bahkan warga bumi bisa melihatnya dengan mata telanjang.

Jelas, itu akan menjadi pemandangan yang menakjubkan bagi manusia, apalagi Saturnus merupakan planet satu-satunya yang memiliki cincin.

"Merkurius sengaja ditinggalkan karena ukurannya sama dengan Bulan," kata Yeti Dynamics.

Seperti diketahui, Bulan yang sedang mengorbit Bumi kita ini mempunyai radius 1.080 mil (1.738 kilometer), sedangkan Mars memiliki radius dua kali lipatnya, yakni 2.111 mil (3.397 kilometer). Kemudian, Venus mempunyai 3.761 mil (6.052 kilometer).

Sementara, untuk Neptunus dan Uranus mempunyai radius 25 kali lipat dari Bulan yaitu masingnya 15.701 mil (25.269 kilometer) dan 15.882 mil (25.559 kilometer).

Sedangkan untuk Saturnus, bila diukur tanpa termasuk dengan cincinya, maka hasilnya 37.449 mil (60.268 kilometer) dan Jupiter memiliki radius 44.422 mil (71.490 kilometer).

Meski menyuguhkan pemandangan yang menakjubkan, ternyata bila planet-planet tersebut berada di posisi Bulan, maka akan berdampak langsung terhadap Bumi. Salah satunya gravitasi yang akan berubah, tak lagi seperti saat ini. Selain itu juga akan meninggikan atmosfer, sehingga menyebabkan gelombang yang sangat besar.

Bahkan, ukuran planet yang besar itu akan mengakibatkan sejumlah kegelapan di sebagian besar wilayah di Bumi karena sinar matahari yang tertutup planet.

Yeti Dynamics menunjukkan hasil pengamatan tersebut masih berupa hipotesis. Mereka hanya membantu menggambarkan bagaimana ukuran benda lainnya mengisi posisi Bulan yang ada di sekitar Bumi. (ren)





BACA JUGA:

Setelah 5 Tahun DAY6 Balik Lagi ke Jakarta Ikut Saranghaeyo Indonesia 2024

Istana Bakal Sambut Mantan Presiden hingga Pejabat Jika Hadiri Open House Jokowi
Ketua MUI Bidang Fatwa MUIĀ Asrorun Niam Sholeh.

MUI Harap Idul Fitri 1 Syawal 1445 H Jadi Momentum Rekonsiliasi Nasional

Ketua MUI Bidang Fatwa Asrorun Ni’am Sholeh mengatakan bahwa Hari Raya Idul Fitri atau 1 Syawal 1445 H tahun ini bisa jadi momentum kebersamaan umat muslim di Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
9 April 2024