Seimbangkan PTN dan PTS, Ini Strategi Menristek

Sumber :
  • VIVAnews/Ahmad Rizaluddin

VIVAnews - Menteri Riset, Teknologi, dan Dikti (Menristek Dikti) M Nasir mengupayakan permasalahan dikotomi antara Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) secara bersamaan.

Cerita Unik Muzakki Ramdhan Tentang Menyatu dengan Reza Rahadian di Film Siksa Kubur

Selain akan menghapus dikotomi antara keduanya, Nasir juga berencana mengubah nama lembaga yang dikhususkan untuk melayani perguruan tinggi. Ia menyebutkan nama Koordinator Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) diubah menjadi Lembaga Layanan Pendidikan Perguruan Tinggi.

"Lembaga Layanan Pendidikan Perguruan Tinggi itu akan melakukan perbaikan untuk negeri maupun swasta," ujar Nasir di Jakarta, Kamis, 8 Januari 2015.

Dengan adanya lembaga tersebut, disampaikannya, pembinaan pendidikan perguruan tinggi untuk negeri dan swasta dilakukan bersamaan. Skema itu diharapkan juga dapat menciptakan generasi yang siap daya saing di era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA).

"Jadi, semua kualitas akan merata antara perguruan tinggi negeri dan perguruan tinggi swasta," ucapnya.

Namun, Nasir masih belum bisa memastikan kapan akan dimulai lembaga tersebut. Ia mengungkapkan lembaga Layanan Pendidikan Perguruan Tinggi saat ini tengah didaftarkan kepada Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara .

"Harus kita lakukan (bentuk lembaga). Apakah di tahun 2015 atau 2016," kata dia.

eSIM Bagian dari Mengurangi Jejak Karbon

Baca juga:

Ada yang Aneh dengan Bocah Viral Tabrakkan Chery Omoda E5 di Dalam Mall
Nathan Tjoe-A-On

PSSI Tempuh Jalur Tak Normal Supaya Nathan Tjoe-A-On Bela Timnas U-23 Indonesia di Perempat Final

PSSI sedang berusaha mendapatkan izin dari SC Heerenven agar mau kembali melepas Nathan Tjoe-A-On ke Timnas Indonesia U-23 yang berlaga di babak perempat final.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024