Ericsson: Kecil Kemungkinan Jaringan Operator Disadap

Direktur PT Ericsson Indonesia, Rustam Effendie
Sumber :
  • Viva.co.id/Sarie
VIVA.co.id
Thailand Siap Awasi Turis Asing via Ponsel
- Penyadapan operator Indonesia oleh badan mata-mata asing dianggap sangat kecil kemungkinannya terjadi. Hal ini karena jaringan dalam operator memiliki proteksi yang sangat ketat.

Tak Patuhi Registrasi Kartu SIM, Ini Sanksinya

"Di dalam jaringan, kemungkinan disadap, itu sangat-sangat kecil. Jaringan itu sudah terstruktur sedemikian rupa dan proteksinya pun sangat ketat," ujar Direktur PT Ericsson Indonesia, Rustam Effendie kepada VIVA.co.id di Jakarta, Selasa 24 Maret 2015.
KPK Perbarui Kerja Sama dengan Operator Telekomunikasi


Menurut Rustam, kemungkinan penyadapan yang dilakukan oleh badan intel asing itu prosesnya memanfaatkan sinyal frekuensi yang terbuka. Proses inilah yang sulit untuk dideteksi karena sifat pemancar yang luas dan ke segala arah.


"Kalau di luar jaringan, ini yang agak susah proteksi. Namanya handphone kan memancar. Jika orang sudah bisa menangkap, itu juga tergantung kecanggihan alatnya. Tapi untuk menyadap masuk ke jaringan operator, itu yang hampir tidak mungkin," ujar Rustam.


Dia menegaskan jika penyadapan mungkin terjadi di luar jaringan dan tidak bisa menyelinap ke dalam jaringan. Apalagi menyadap menggunakan kartu sim yang digunakan di dalam ponsel.


"Hardware tidak mungkin disusupi. Sim card juga tidak mungkin. Kalau mengenkripsi dari voice melalui terminalnya, itu teknologi zaman sekarang. Bisa dienkripsi sehingga suaranya terkoding tapi itu di luar jaringan," ujar Rustam.


Menurut dia, semua jaringan sudah memiliki standarnya masing-masing. Untuk telekomunikasi standar yang dimiliki adalah 3GPP standard, termasuk sistem keamanannya.


"Hanya saja, yang menyulitkan adalah sifat sinyal atau frekuensi adalah over the air. Pancarannya menyebar ke semua arah. Untuk menangkapnya pun butuh alat yang harus canggih sekali," tegasnya.![vivamore="
Baca Juga
:"]

[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya