Rekayasa Cahaya, Ilmuwan Ciptakan Komunikasi Anti Sadap

Ilustrasi kecepatan cahaya
Sumber :
  • iStock
VIVA.co.id
KPU Siap Lanjutkan Rekapitulasi Hasil Pemilu 2024 untuk Maluku dan Jabar
- Saat ini isu keamanan informasi tengah menjadi perbincangan hangat. Berbagai layanan pun ditawarkan agar transmisi informasi pengguna bisa aman tanpa diintersepsi dan dimata-matai. Ada beberapa produk keamanan di antaranya yaitu layanan enkripsi.

Kata Jay Idzes Usai Gabung Timnas Indonesia, Ungkap Pemain Ini Paling Membantu

Namun kini teknologi berkembang, ilmuwan di Universitas Technology Vienna, Austria telah mengungkapkan penggunaan cahaya untuk keamanan komunikasi. Penggunaan medium cahaya ini, klaim peneliti, secara teknik tak bisa disadap.

Dilansir dari Eurekalert, Jumat, 10 April 2015, untuk menghasilkan teknologi komunikasi antisadap itu, ilmuwan melambatkan kecepatan cahaya dari 300 juta meter per detik menjadi 180 kilometer per jam. Dalam ruang hampa, kecepatan cahaya selalu sama sekitar 300 juta meter per detik.

Saat cahaya dikirim melalui media seperti kaca atau air, cahaya sedikit melambat karena interaksi dengan materi tersebut.

"Dalam sistem kami, efek ini ekstrem karena kami menciptakan interaksi sangat kuat antara cahaya dan materi," ujar dia.

Dalam melambatkan cahaya itu, peneliti menggunakan kabel optik yang saat ini umum digunakan untuk komunikasi dalam dunia telekomunikasi dan teknologi.

Peneliti juga mengatakan untuk melambatkan kecepatan cahaya, ilmuwan mencangkokkan atom cesium pada serat optik sehingga memungkinkan penurunan kecepatan cahaya.

Atom cesium itu digabungkan pada serat optik. Dengan cara ini cahaya bagaimanapun tak dapat diambil dengan cara yang terkendali sekalipun.

Peneliti kemudian menambahkan atom ketiga agar komunikasi lewat itu aman.  Metode ini menjalankan prinsip fisika kuantum yang membuat kualitas komunikasi makin lebih baik.

"Fisika kuantum memungkinkan kita membuat koneksi antara pengirim dan penerima, yang mustahil disadap," kata Arno Rauschenbeute, peneliti universitas tersebut.

Rauschenbeute menambahkan hukum dasar fisika kuantum memastikan tak ada yang dapat menekan koneksi tanpa pemberitahuan.

![vivamore="
Pekerjakan Gadis Belia jadi PSK Tarif Rp500 Ribuan, Mami Si Mucikari Tangerang Diciduk
Baca Juga :"][/vivamore]
Blackphone 2

Smartphone Antisadap Blackphone Kini Dijual di RI

Ponsel ini dihargai Rp12,6 juta.

img_title
VIVA.co.id
14 Desember 2015