Nokia Obral Setengah Harga HERE Maps ke Apple Cs?

Kantor Pusat Nokia di Finlandia.
Sumber :
  • REUTERS/Antti Aimo-Koivisto/Lehtikuva

VIVA.co.id - Nokia dikabarkan berniat menjual layanan pemetaannya, HERE Maps kepada perusahaan teknologi dunia.

Sumber yang mengetahui kabar ini menyebutkan, Nokia merayu Amazon, Alibaba, Facebook, Baidu, Sirius XM Holdings, Harman International Industries untuk membeli layanan pemetaannya. Hasil penjualan unit pemetaan itu akan digunakan untuk memperkuat divisi peralatan dan jaringan untuk melawan Huawei.

Dikutip dari IBTimes, Kamis 23 April 2015, dilaporkan semua perusahaan teknologi tersebut tampak tertarik dengan HERE Maps. Sumber mengatakan, penawaran pertama atas unit pemetaan Nokia akan dilakukan nanti jelang 1 Mei.

Menariknya, Nokia dikabarkan mengobral harga pemetaannya, sekitar US$3,2 miliar. Harga tersebut, hampir setengah harga saat Nokia membeli HERE Maps pada 2008.

Kabar penjualan unit pemetaan Nokia ini muncul hanya sehari, setelah laporan majalah Jerman, Manager Magazine. Media Jerman itu melaporkan, Nokia tengah menjajaki penjualan HERE Maps ke perusahaan pemesanan taksi Uber, BMW, Audi, dan Daimler.

Keputusan menjual HERE Maps tak begitu mengejutkan. Sebab, laporan finansial Nokia melaporkan nilai divisi pemetaan perusahaan itu menurun dari US$8,1miliar saat dibeli pada 2008, menjadi sekitar US$2,1miliar pada 2014.

Sumber mengatakan, Apple dilaporkan juga tertarik untuk membeli HERE Maps. Terlebih, produsen iPhone itu pernah gagal dalam mengembangkan layanan pemetaan mandiri pada tiga tahun lalu.

Pada waktu itu, Apple memutuskan menghapus Google Maps dari produknya dan menggantikan dengan layanan pemetaan besutan pribadi. Namun, sayangnya pemetaan Apple itu diwarnai problem ketidakakuratan lokasi dan pencitraan peta.

Produsen Otomotif Jerman Resmi Miliki Peta Nokia

Rumor menyebutkan, HERE Maps bisa menjadi alternatif bagi Apple. Tetapi, perusahaan yang didirikan Steve Jobs itu masih melihat valuasi aset HERE Maps.

Bagi Amazon, menggabungkan HERE Maps ke dalam platformnya juga bisa menjadi opsi yang menarik. HERE Maps bisa ditanamkan pada divisi ponsel dan tablet Fire-nya. Layanan pemetaan itu juga bisa dimanfaatkan untuk mendukung data pemetaan pada tim logistik dan pengiriman barang Amazon.

Tak jauh beda, Alibaba juga bisa memanfaatkan pemetaan Nokia itu seperti Amazon. Sedangkan bagi perusahaan pembuat mobil, HERE Maps bisa digunakan untuk meningkatkan pengalaman sistem navogasi.

Menanggapi kabar penjualan HERE Maps, juru bicara Nokia enggan mengomentari rumor pasar tersebut. (asp)

Dasbor mobil Audi yang dilengkapi dengan peta digital.

Tiga Raksasa Otomotif Beli Peta Rp36 Triliun, Buat Apa?

Nokia menjual Here Maps pada Audi, BMW dan Daimler.

img_title
VIVA.co.id
4 Agustus 2015