Hawking: Butuh Satu Abad Bagi Robot Untuk Kuasai Dunia

Robot Humanoid Yangyang, Robot Cantik dari Cina
Sumber :
  • REUTERS/Kim Kyung-Hoon

VIVA.co.id - Ilmuwan, Stephen Hawking, menegaskan kembali kekhawatirannya terhadap dominasi robot di dunia. Menurut dia, hanya butuh waktu 100 tahun bagi robot untuk bisa menguasai manusia.

Manusia Tidak akan Merasa Sakit Lagi di Masa Depan

Pernyataan ini ia ungkapkan dalam sebuah konferensi bertajuk Zetgeist 2015 di London. Dia yakin jika robot bisa memiliki kepintaran yang melebihi manusia sehingga justru manusia yang akan dikendalikan robot, bukan sebaliknya, dalam satu abad ke depan.

"Daripada kita khawatir mengenai bagaimana cara mengendalikan robot atau perangkat pintar hasil rekayasa, akan lebih baik jika kita khawatir bahwa robot bisa mengendalikan semuanya suatu saat nanti," ujar Hawking, seperti dikutip Daily Mail.

Trik Kelola 'Cuan' Ala Influencer & Public Figure

Dari pernyataannya terungkap bahwa ia sangat khawatir jika robot mampu memusnahkan peradaban manusia dan menggantikan posisi bangsa di bumi. "Komputer akan mengambil alih kendali dan mulai menguasai dunia dalam kurun 100 tahun ke depan. Jika itu terjadi maka dari sekarang kita harus memastikan jika robot benar-benar memiliki tujuan yang sama dengan manusia," ujar Hawking memaparkan.

Ia menambahkan, masa depan manusia merupakan sebuah perlombaan antara teknologi kekuatan yang terus tumbuh dan kebijakan yang dimiliki manusia, serta yang kerap kita gunakan.

Sebelumnya, CEO Tesla dan Space X, Elon Musk juga menyatakan kekhawatiran yang sama. Bahkan beberapa ilmuwan bersatu membuat konsorsium untuk mencari solusi terkait kekhawatirant tersebut.

Keren, Pria Ini Bikin Kreativitas Robot dari Barang-barang Bekas

Persatuan ilmuwan yang dipimpin Hawking dan Elon Musk mengeluarkan surat terbuka untuk menyerukan jika pengembangan kepintaran rekayasa, atau robot, tidak boleh dilakukan tanpa kendali. "Tanpa perlindungan pada mesin pintar, peradaban manusia bisa masuk ke masa depan yang penuh kegelapan," tulis surat terbuka itu.

(mus)

Kecerdasan Buatan Atau Artificial Intelligence (AI)

Mengenal Lebih Jauh Tentang Kecerdasan Buatan atau Artificial Intelligence (AI)

Kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) merupakan teknologi yang semakin berkembang dengan pesat.

img_title
VIVA.co.id
16 Mei 2023