Ini Alasan Mengapa Harus Cuci Tangan Sebelum Makan

Inkubasi bakteri pada tangan
Sumber :
  • Cabrillo College/Tasha Sturm
VIVA.co.id
Ini Cara Cuci Tangan Paling Efektif Bunuh Bakteri
- Ternyata ada alasan mengapa kita diperintahkan untuk selalu mencuci makan sebelum makan. Sebuah gambar diposting oleh ahli mikrobiologi menunjukkan banyaknya bakteri yang hinggap di tangan seorang anak kecil.

Manfaat Makan Jamur Secara Rutin

Foto itu didokumentasikan oleh ahli mikrobiologi, Tasha Sturm. Itu adalah foto anak kandungnya yang berusia 8 tahun, setelah ia menghabiskan waktu bermain di luar. Dia menginkubasi bakteri di telapak tangan anaknya dengan menggunakan peralatan di Cabrillo College, California.
Kesalahan Membersihkan Diri yang Bisa Pengaruhi Kesehatan


Hasilnya, dilansir melalui
Daily Mail
, Rabu 10 Juni 2015, dia menemukan banyak spesies yang berdiam di telapak tangan anaknya itu. Bakteri-bakteri itu digambarkan dengan warna-warna yang berbeda. Salah satu yang mencolok adalah warna putih yang dipercaya sebagai bakteri Staphylococcus.


"30 persen bakteri yang ada di hidung manusia adalah Staphylococcus. Dia tidak serta merta membuat manusia menjadi sakit, namun akan menjadi penyebab penyakit ketika daya tahan terhadap antibiotik telah dimiliki," ujar Sturm.


Strum menjelaskan jika beberapa koloni bakteri dan jamur hanya akan menunjukkan warna yang sebenarnya jika mereka ditumbuhkembangkan di suhu dalam ruangan.


Sebelumnya memang sering dikemukakan jika tubuh manusia menjadi tempat tumbuhnya jutaan bakteri dan mikroorganisme. Kebanyakan dari bakteri itu sangat berbahaya.


Spesimen yang terlihat dalam gambar tangan anak Sturm menunjukkan ada bakteri yang berpotensi mempengaruhi kekebalan tubuh manusia. Bahkan, jumlah bakteri yang ada di tubuh manusia lebih banyak ketimbang sel tubuh itu sendiri.


Sturm memang selalu menggunakan tangan anak-anaknya untuk mencari bakteri dalam tubuh. Dia menjadikan hasil penelitiannya untuk pelajaran bagi anak-anak didiknya di kelas mikrobiologi. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya