Pamer Kekuatan Maritim, Menristek Rayakan Hakteknas di Laut

Hari Kebangkitan Teknologi Nasional ke-20
Sumber :
  • Viva.co.id/Agus Tri Haryanto

VIVA.co.id - Hari ini, 10 Agustus 2015, menjadi puncak dari peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas). Peringatan ini diselenggarakan di Markas Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil), Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Alat Ini Bisa Pantau Kesehatan Jantung Pasien dari Jauh

Dipilihnya markas Kolinlamil ini bukan tanpa alasan. Tak hanya menjadi pembeda peringatan Harteknas pada tahun sebelumnya, Kolinlamil yang terletak di tepi laut ini menjadi pertanda penguatan bidang martim yang sedang digenjot pemerintah.

"Puncak Hakteknas di sini untuk menekankan pentingnya kemaritiman. Saya ucapkan terima kasih kepada TNI Angkatan Laut atas bantuan lokasi beserta perlengkapannya," ujar Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristek Dikti) M. Nasir dalam sambutannya di Tanjung Priok, Jakarta Utara, Senin, 10 Agustus 2015.

Ia menjelaskan, instansinya mengklaim telah mengupayakan swasembada daging dan beras dengan bekerjasama antara para peneliti dengan pemerintah daerah, seperti Jawa Barat, DKI Jakarta, Nusa Tenggara Timur.

"Diterapkannya ke dunia industri dari inovasi para riset peneliti ini untuk mendatangkan semangat berkarya lebih tinggi. Sesuai dengan tema Hakteknas tahun ini ialah inovasi iptek daya saing bangsa dengan sub tema pangan, energi, dan maritim. Tunjukkan kedaulatan pangan, energi, dan kekuatan maritim," ujarnya menambahkan.

UGM Ciptakan Alat Deteksi Zat Berbahaya pada Makanan

Pada kesempatan tersebut dilakukan pemberian anugerah iptek Labdakretya, Prayogasala, Widyapandegatama, Budhipura, dan Budhipura Kencana. Lalu, dilanjutkan dengan prosesi budaya larung.

Setelah itu, telecoference dengan Bupati Penajam terkait Pembangunan Pusat Penelitian Kelautan dan PT ELNUSA selaku pemilik kapal Eco Green Maintenance Barge di Balikpapan. Dan ditutup dengan peluncuran Kapal Riset Rigel, Baruna Jaya dan Bawal Putih.

Keren, Buka Perangkat Elektronik Pakai Scan Otak

Hakteknas ini terlahir berdasarkan Keputusan Presiden No. 71 Tahun 1995. Peringatan ini bertepatan dengan 20 tahun keberhasilan diterbangkannya pesawat buatan asli Indonesia, N250 Gatotkaca pada 10 Agustus 2015. Peringatan puncak Hakteknas 2015 diikuti oleh Presiden ke-3 B.J. Habibie, Menko Kemaritiman Indroyono Soesilo, Menteri ARB Yuddy Chrisnandi, dan duta-duta besar sahabat.

(mus)

 Menkominfo Rudiantara

Pemerintah Bangun 'Senjata' Lawan Perusahaan Teknologi Asing

"Kita punya program 1.000 startup dalam lima tahun."

img_title
VIVA.co.id
15 April 2016