VIDEO: Semut Bergerak Aneh saat Smartphone Berdering

Semut api
Sumber :
  • Wikipedia

VIVA.co.id - Hewan kecil semut dikenal memiliki sensor unik dalam menentukan orientasi arah saat mereka berjalan. Semut diketahui menggunakan magnetik untuk mengetahui arah berjalan mereka.

Namun menariknya orientasi semut bisa buyar saat mendengar gangguan. Sensor semut seakan tak berfungsi. Hal ini bisa dilihat dalam video semut yang bergeromol di sekitar iPhone.

Dikutip Science Alert, Kamis 3 September 2015, saat iPhone berdering, pola gerakan semut berubah. Sebelum dering muncul, serangga ini bergerak tak beraturan di sekitar iPhone, tapi begitu muncul dering gerombolan semut tersebut otomatis kompak langsung bergerombol mengelilingi iPhone yang berbunyi tersebut.

Melihat fenomena itu, etimologi Universitas New England Australia, Nigel Andrew mengatakan dering iPhone tersebut memang menganggu sensor semut sehingga serangga tersebut mengelilingi iPhone.

"Banyak semut menggunakan magnetik untuk mengorientasi diri mereka. Mereka memakai reseptor magnetik pada antena mereka," kata Andrew.

Ia menyebutkan magnetik saat penting bagi orientsi semut. Ia mengatakan saat semut memiliki perjalanan jauh, serangga itu memakai isyarat magnetik dari bumi untuk mengetahui ke mana arah yang mereka tuju, apakah ke timur, barat, utara atau selatan.

Getaran pada ponsel, kata peneliti serangga James Cook University, Quennsland, Australia, Simon Robson, menganggu orientasi dan sensor semut.  Tapi menurutnya, semut juga bisa membentuk pola lingkaran saat tanpa adanya ponsel.

Robson mengatakan ada keunikan dalam sistem komunikasi semut. Jadi meski tanpa dering ponsel, hal yang mempengaruhi pola lingkaran semut bisa karena bentuk ponsel tersebut.

Tanpa isyarat magnetik, yang berfungsi untuk memberitahu orientasi mereka, semut bisa berputar-putar dalam satu titik sampai dia lelah bahkan mati.

Hal itu bisa dilihat dalam kasus kerumunan semut. Saat 'panglima' semut secara alami kehilangan oreintasi atau arah, maka semut pengikut akan kehilangan jejak aroma semut yang lain dan kemudian akan membentuk lingkaran untuk terus berputar-putar.

Xenomania, Penyebab Bahasa Indonesia Menjadi Asing

Sementara etimologi Amerika, Edward O Wilson mengataan manusia perlu mempelajari bahkan meniru bagaimana sistem komunikasi yang dibangun oleh serangga tersebut.


Gadis cantik diserang semut..

Ngeri, Ada 1.000 Semut Bersarang di Telinga Gadis Cantik

Keluarganya yakin ia telah terkena sihir.

img_title
VIVA.co.id
5 Februari 2016