TNP2K: 80 Persen Keluarga Miskin Punya Ponsel

T-Cash Tap berbasis NFC
Sumber :
  • telkomsel
VIVA.co.id
Perlebar Transaksi Non Tunai, Telkomsel Gandeng KFC
- Ponsel kini tak hanya dimiliki kalangan menengah atas. Di era modern seperti saat ini, alat komunikasi itu justru telah berada dalam genggaman masyarakat miskin.

Mulai 30 Agustus, GT Senayan Hanya Layani e-Toll

Data dari Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) menyebutkan, 15,5 juta rumah tangga yang menerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) itu, sekitar 70 hingga 80 persen memiliki ponsel.
Telkomsel Rilis Paket 3 in 1 Bagi Jemaah Haji


"Dari 15,5 juta yang telah menerima BLT, orang miskin yang punya ponsel sekarang hampir 70-80 persen. Jadi, tidak bisa lagi membedakan orang kaya dan miskin dari kepemilikan ponsel. Meskipun, ponsel dimiliki masih untuk telepon dan SMS saja," ujar Sekretaris Eksekutif TNP2K, Bambang Widianto, di Gandaria City, Jakarta, Kamis, 15 Oktober 2015.


Melihat kondisi seperti itu, disampaikan Bambang, TNP2K pun mencoba memanfaatkannya untuk dijadikan media percepatan penyaluran bantuan sosial dan subsidi pemerintah. Selain itu, distribusi melalui keuangan digital diyakini akan tepat sasaran.


"Itu sebabnya, kami tertarik dengan T-Cash, karena bisa dipakai walau cuma lewat ponsel paling sederhana, dan juga tepat sasaran. Kerja sama ini tentu menjadi sinergi yang tepat, sebab Telkomsel juga akan buka jaringan ke pelosok. Kami pun demikian, karena orang miskin kebanyakan ada di pelosok," ujarnya.


Pada mulanya, pelaksanaan penyaluran uang elektronik Telkomsel itu akan menjalani tahap uji coba di tiga kota, yaitu Jakarta, Cirebon, dan Semarang. Setidaknya, ada 2.000 keluarga miskin di ketiga kota itu yang akan disasar melalui layanan T-Cash.


Studi kelayakan itu akan dijadikan contoh penyaluran bantuan sosial secara digital. Diketahui, Bank Mandiri dan Bank Negara Indonesia (BNI) ditunjuk jadi mitra bank yang akan membantu pencairan dana yang disalurkan lewat T-Cash. Tak hanya itu, penerima bantuan bisa memakai dana tersebut untuk berbelanja di 1.000 outlet milik merchant mitra Telkomsel.‎


Pada kuartal ketiga 2015, Telkomsel mengklaim sudah memiliki 149 juta pelanggan seluler dengan ruang lingkup layanan 95 persen di Indonesia dan 400 ribu mitra distribusi yang bisa membantu sosialisasi T-Cash. Sementara itu, pelanggan uang elektronik telah mencapai 20 juta pengguna. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya