Indahnya Pemandangan Wilayah Paling Kering di Dunia

Gurun Atacama
Sumber :
  • REUTERS

VIVA.co.id - Kekeringan telah melanda berbagai wilayah di dunia. Tapi pernahkah Anda membayangkan bagaimana gambaran wilayah terkering di dunia.

Ya, wilayah yang dikenal sebagai area terkering di dunia ada di Gurun Atacama, Chile. Namun pemandangan yang tersaji di gurun ini malah indah. Gurun terhambar 'karpet' bunga malva yang mekar berwarna pink. Membuat pemandangan menjadi kontras dengan label wilayah terkering di dunia.

Dikutip dari The Washington Post, Jumat 30 Oktober 2015, Gurun Atacama menyandang wilayah terkering berdasarkan catatan dari arsip iklim ekstrim yang dirilis Arixona State University, AS. Badan Antariksa AS (NASA) juga melabeli area ini sebagai wilayah terkering di dunia.

Ini Cara Pengaruhi Anak-anak Semangat Pelajari Bulan

Penentuan kategori ini dihitung berdasarkan tingginya curah hujan. Di bagian utara wilayah gurun ini, Arica, tercatat telah melalui 173 bulan atau 14,4 tahun tanpa turun hujan pada periode Oktober 1903-Januari 1918.

Sementara wilayah 'tetangga' Atacama sampai ke Afrika bagian selatan, curah hujan tahunan di kota Antofagasta, Chine hanya 0,07 inchi saja.

Sementara pada Maret tahun ini, bagian Gurun Atacama dilanda hujan badai dan akhirnya menimbulkan curah hujan sehari mencapai 0.96 inchi. Curah hujan dalam sehari itu bisa dibilang adalah curah hujan besar dalam sehari di gurun tersebut selama 14 tahun. Hujan besar tersebut kemudian membasahi sungai kering Copiapo.

Keberadaan El Nino bisa memicu tingginya curah hujan di wilayah gurun tersebut dan Area Amerika Selatan.

Seperti yang terlihat belum lama ini, wilayah terkering tu ditumbuhi bunga malva yang mekar. Hamparan bunga itu menjadi 'lantai' gurun terkering di dunia tersebut. Penampakan indah bunga yang mekar itu dilaporkan merupakan yang terindah dalam 18 tahun terakhir. (ren)


Wilayah terkering di dunia




Mereka-reka Bentuk Manusia di Masa Depan

Yuk, Coba Sensasi Wahana Misi ke Bulan di Mal Ini

Terdapat wahana antariksa.

img_title
VIVA.co.id
22 Januari 2016