Google Bikin Prosesor Sendiri

Sumber :
  • Businessinsider
VIVA.co.id
Kata Google Soal Hapus Palestina dari Maps
- Google tidak pernah berhenti untuk berkompetisi mengupayakan produknya menjadi yang terbaik. Sebuah rumor mengatakan jika Google berniat membuat chip prosesor sendiri.

Google: Pengguna Android Aman dari Quadrooter

Ini merupakan salah satu upaya terbaru Google, membuat chip yang akan diproduksi sendiri untuk memperkuat gadget Android. Google yakin dengan prosesor sendiri mereka bisa membuat gadget dengan memori yang lebih baik, berikut kamera yang lebih hebat dan dukungan sensor yang lebih baik pula.
Brutal, Manajer Google Diperkosa Lalu Dibunuh


Rumor ini disebar melalui situs
The Information
, Senin, 9 November 2015. Situs itu menilai jika chip prosesor yang digunakan saat ini memiliki keterbatasan untuk membawa teknologi baru ke pasar yang ada.


"Prosesor ini nantinya akan disematkan ke gadget Android dan bisa digunakan di perangkat mana saja, termasuk smartphone," klaim pihak Google kepada
The Information
.


Sayangnya, meski telah memiliki desain chip, pihak Google yang tidak ingin disebutkan namanya itu menolak memberitahukan siapa produsen yang ditugaskan untuk memproduksi. Saat ini Qualcomm, MediaTek, dan Samsung merupakan perusahaan terbesar penyedia chip Android.


Diketahui, prosesor dalam sebuah smartphone terdiri dari banyak komponen, mulai dari
memory, computer processing units
(CPU), kartu grafis dan lainnya. Teknologi ini diketahui bernama
System on a Chip
(SoC) dan sebuah sirkuit yang memadukan semua ini menjadi satu komponen.


Sayangnya, beda produsen chip beda pula komponen yang disematkan. Ada produsen yang bisa menambahkan sistem GPS, Wifi dan LTE, mereka juga bisa menambahkan memori yang terinstal berdasarkan permintaan, demikian juga pilihan kartu grafis. Inilah yang membedakan.


Menurut sumber
The Information
, Google saat ini sedang mencari cara untuk bisa memasukkan teknologi baru ke dalam fitur Android. Salah satunya
Augmented Reality
. Untuk kamera, Google ingin chip tersebut bisa menyematkan kemampuan pemindaian dan memindahkan gambar Google ke sistem Cloud.


"Dengan menciptakan chip sendiri, kami ingin bersaing lebih baik lagi dengan Apple, memberikan standardisasi untuk hardware Android," ujar sumber tersebut.


Apple saat ini dikabarkan telah mengambil alih desain prosesornya sejak kehadiran chip A6.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya