VIDEO: Heboh! Hutan di Kanada Bisa Bernafas Seperti Manusia

Permukaan tanah 'Empuk' di hutan wilayah St Jerome, Quebec, Kanada
Sumber :
  • Dailymail

VIVA.co.id - Sebuah fenomena alam tak terduga terjadi di hutan di Nova Scotia, Kanada. Hutan tersebut seakan-akan bernafas seperi manusia karena tanahnya seolah kembang kempis.

Peristiwa itu pun terekam oleh kamera ponsel milik Brian Nuttall. Pria itu tak sengaja menemukan kejadian janggal tersebut saat ia sedang berjalan di sekitar Apple River, Cumberland Country.

Dalam rekaman tersebut terlihat permukaan tanah di hutan Kanada itu mengalami naik turun. Serupa dengan kondisi dada manusia, ketika sedang bernafas. Nuttall pun memposting video tersebut di Facebook.

"Ketika saya memasuki sebuah hutan dan menghindari pohon yang tumbang, saya melihat tanah bergerak," ujar Nuttall saat mendeskripsikan videonya itu di halaman Facebook dikutip Daily Mail, Kamis, 12 November 2015.

Rekaman tersebut membuat perdebatan di antara netizen. Ada yang menyebut di dalam tanah terdapat lubang wastafel. Kemudian ada juga yang bilang terdapat aliran bawah tanah di wilayah itu.

Dari segala perdebatan, penjelasan ilmiah yang masuk akal, yaitu akar pohon tersebut terlepas. Asumsinya saat angin memasuki rongga-rongga pohon tanah jadi bergerak dan tampak seperti sedang bernafas.

"Hukum angin terbukti saat memasuki sisi bukit itu. Akar yang longgar dan tanah berlumut membuat tanah bergerak," ungkap salah satu netizen mengomentari video tersebut.

Hingga saat ini, sudah ada jutaan netizen yang memutar video milik Nuttall itu.

Unik, Guguran Daun Pohon ini Bagaikan Karpet Emas
Seorang personel TNI AD dari Kodim 0415-Batanghari mencoba memadamkan kebakaran lahan gambut milik warga di Gambut Jaya, Muaro Jambi, Jambi, Kamis (10/9)

Warga Tolak Restorasi Hutan Jambi oleh Swasta

Restorasi oleh perusahaan swasta dinilai tidak transparan

img_title
VIVA.co.id
12 Februari 2016