Ini Tampang Smeagol yang Sesungguhnya di Brazil

landumoema smeagol
Sumber :
  • Phys.org

VIVA.co.id - Spesies Arachnid atau laba-laba baru ditemukan di Brasil dan dinamai berdasarkan karakter dari film Lord of The Rings, Smeagol. Ini adalah laba-laba yang memiliki alat merangkak yang panjang tapi tidak memiliki mata.

WHO: Brasil Bisa Pastikan Olimpiade Aman

Smeagol ditemukan sedang merangkak di sebuah gua yang lembab di sebelah tenggara Brasil. Spesies kaki panjang ini tidak pernah keluar dari rumah guanya dan merupakan hewan arachnid kedua yang ditemukan tanpa mata di Brasil.

Dilansir melalui Phys.org, Kamis, 19 November 2015, Smeagol ditemukan oleh peneliti asal Brasil, yakni Dr. Ricardo Pinto-da-Rocha dari Instituto de Biociências da Universidade de São Paulo, bersama dengan Dr. Maria Elina Bichuette dan Rafael Fonseca-ferreira dari Universidade Federal de São Carlos. Temuan mereka ini telah dipublikasikan di jurnal akses terbuka, Zookeys.

Dikubur Hidup-hidup, Pria Ini Berhasil Selamat

Spesies baru itu bernama lengkap landumoema smeagol. Jika banyak spesies kerabatnya yang bisa bertahan di bawah permukaan tanah dan bisa beradaptasi dengan dunia luar untuk mencari makan atau kawin, tidak demikian dengan landumoema smeagol. Mereka tidak pernah meninggalkan wilayah itu. Ini merupakan salah satu cara spesies itu beradaptasi karena mereka tidak memiliki mata. Bahkan jumlah pigmentasi melanistik di tubuh mereka pun berkurang, menghasilkan tubuh yang berwarna serba kuning.

"Ada 14 spesies dewasa dan remaja yang kami teliti. Mereka selalu tinggal dekat dengan aliran air. Kebanyakan memilih dekat dengan dinding gua yang basah. Spesies remaja landumoema kerap aktif bergerak sedangkan yang dewasa lebih cenderung pendiam," ujar Ricardo Pinto-da-Rocha.

(mus)

Ramai di Media Sosial, Foto Ini Ternyata Trik Kamera
Laba-laba red back.

5 Laba-laba Paling Beracun dan Mematikan

Laba-laba merupakan hewan paling mematikan di dunia.

img_title
VIVA.co.id
29 Februari 2016