GoPro Diakuisisi Apple?

GoPro Hero
Sumber :
  • BrisbaneTime

VIVA.co.id - Perusahaan kamera aksi, GoPro sedang dikabarkan akan telah diakusisi oleh Apple. Sinyal rumor ini berasal dari pergerakan nilai saham GoPro, yang tiba-tiba melonjak sampai 16 persen pada posisi terakhir.

Kenaikan saham ini menguatkan kabar rumor GoPro telah diakuisisi oleh Apple. Sebab diketahui dalam beberapa bulan terakhir, nilai saham GoPro memang sedang terus menurun. Memang saham perusahan kamera aksi ini sedikit naik, setelah meluncurkan pesawat tanpa awak (drone) untuk pertama kalinya.

Investor GoPro dipandang akan gembira dengan kenaikan saham 16 persen, setelah sebelumnya saham perusahaan kamera ini turun lebih dari 80 persen dengan catatan rekor nilai saham US$93,85 pada Oktober tahun lalu. Saham GoPro makin merosot sejak perusahaan ini menawarkan saham ke publik pada pertama kalinya pada November lalu.

Sejauh ini kejelasan akuisisi itu belum dikonfirmasi jelas oleh GoPro maupun Apple.

Dikutip dari Ubergizmo, Senin 14 Desember 2015 disebutkan awalnya rumor akuisisi ini muncul dari para analis pasar. Para analis meyakini GoPro adalah target akuisisi strategis bagi Apple pada tahun depan.

Daniel Ives, analis dari FBR Capital Market and Co. dan peneliti pasar lainnya meyakini portofolio GoPro masuk akal bagi pengembangan produk Apple.

"Kami percaya GoPro akan sangat cocok dan sesuai ukuran dalam portofolio produk Apple," kata Ives.

Pernyataan Ives soal rumor akuisisi GoPro oleh Apple sudah pernah disampaikan oleh analis sebelumnya. Analis dari Northland Capital, Gus Richard merupakan analis yang pertama memunculkan rumor GoPro diakuisis Apple, pada September.

Dikutip dari Marketwatch, Richard menyebutkan GoPro akan membuat 'target akuisisi yang menarik' dari Apple. Subjek akuisisipun, kata Richard, dari perspektif peranti keras, peranti lunak dan konten.

Soal masuk akal bisa dilihat dari riwayat kerja sama kedua perusahaan. Misalnya toko Apple, Apple Store telah ditebar produk keluaran GoPro. Tak itu saja, produk GoPro diketahui telah dihadirkan dan mendukung ekosistem yang diciptakan Apple, misalnya pada Apple Watch.

iOS 17.4.1 Segera Hadir, Pengguna iPhone XR ke Atas Aman
Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika Nezar Patria.

Bos Apple dan Microsoft Mau Sowan ke Jokowi

Wamenkominfo Nezar Patria menjelaskan dalam kunjungannya ke Indonesia, CEO Microsoft Satya Nadella dan CEO Apple Tim Cook rencananya akan menemui Presiden Jokowi.

img_title
VIVA.co.id
23 Maret 2024