Dicari Pencipta Kendaraan untuk Pemetaan Bawah Laut

Keindahan bawah laut Thingviller.
Sumber :
  • http://exspresiku.blogspot.com/

VIVA.co.id - Luar angkasa memang selalu menarik untuk dieksplorasi. Namun ternyata masih banyak sudut di bumi ini yang tak kalah menarik untuk ditelusuri, seperti bawah laut.

Sebuah organisasi menawarkan hadiah besar kepada para pesertanya yang mau mengikuti kompetisi inovasi penting. Kompetisi ini memberikan kesempatan bagi para tim ilmuwan untuk bisa membuat kendaraan bawah laut yang bisa dijadikan alat untuk eksplorasi, sekaligus melakukan pemetaan di seluruh sudut bawah laut.

Kompetisi ini bernama Shell Ocean Discovery Prize, kerja sama Shell, National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA) dan perusahaan bernama Diamandis. Program ini akan memakan dua putara selama kurun kompetisi tiga tahun lamanya, dengan total hadiah US$7 juta.

Dalam kompetisi ini, dijelaskan David Schewitz, Vice President Shell of Geophysics for the America, menantang para tim untuk memetakan laut dengan kedalaman 4 kilometer dan luas 500 kilometer persegi menggunakan robot unik mereka.

Anak Madrasah Rebut Medali Emas di Kompetisi Robot Asia

NOAA menambahkan hadiah sebesar US$1 juta bagi tim yang kendaraannya bisa melacak obyek khusus di laut melalui sinyal kimia dan biologi yang ada.

"Laut kita merupakan bagian dari dua pertiga permukaan planet dan merupakan sumber daya penting bagi makanan, energi, keamanan ekonomi dan bahkan udara yang kita hirup. 95 persen dari laut yang ada masih menjadi misteri bagi kita," ujar pihak Diamandis, seperti dikutip dari TechCrunch, Selasa, 15 Desember 2015.

Selama tiga tahun kompetisi berjalan, tim akan diminta untuk menyelesaikan beberapa tugas, seperti menciptakan peta bathymetric, memproduksi gambar resolusi tinggi terkait obyek tertentu, dan mengidentifikasi fitur geologis, biologis dan arkeologis.

Tim juga harus menunjukkan jika mereka bisa mengoperasikan teknologi buatan mereka secara baik di lepas pantai sampai kedalaman 4.000 meter. (ase)

Upaya Kloning Mammoth Sudah Masuk ke Tahap Awal
Api jenis baru

Begini Rupa Api Jenis Baru

Api jenis baru ini biru cenderung ungu.

img_title
VIVA.co.id
9 Agustus 2016