Heboh, Ponsel Ini Sudah Ada Sejak 800 Tahun Lalu

Ponsel Zaman Mesopotamia Kuno
Sumber :
  • express.co.uk
VIVA.co.id
Pria di Bali Tewas karena Dengar Musik di Headset
- Sebuah video menjadi viral di YouTube. Sebab, dalam video tersebut mengklaim telah menemukan sebuah artefak yang menyerupai ponsel seluler yang sudah ada sejak 800 tahun yang lalu.

Diciptakan Mantel yang Bisa Isi Baterai Ponsel

Sebagaimana diwartakan oleh
Ini Bahayanya Tidur dengan Ponsel di Bawah Bantal
Express.co.uk , Kamis 31 Desember 2015, ponsel tersebut ditemukan oleh para arkeolog saat melakukan penggalian di Austria. Sekilas, artefak tersebut mirip dengan ponsel jadul buatan Nokia, lengkap dengan bentuk, layar, serta 12 tombolnya.


Namun, yang membedakannya, ponsel tersebut tampak menggunakan gaya penulisan Cuneiform dari bangsa Sumeria, yang dikenal dengan huruf-huruf runcingnya, seperti paku.


Sistem penulisan Cuneiform yang dikembangkan Sumeria ini sudah ada sejak zaman Mesopotamia kuno sekitar 3.500 hingga 3.000 Sebelum Masehi.


Penemuan artefak ponsel ini memunculkan teori konspirasi tentang perjalanan waktu. Akun YouTube bernama Paranormal Crucible ini melaporkan "Apakah (artefak ponsel) ini bukti adanya peradaban maju atau perjalanan waktu?"


Namun disayangkan, tak dijelaskan secara mendetail mengenai tepatnya penggalian dan penemuan artefak ponsel ini diketahui. Paranormal Crucible hanya menginformasikan kalau ponsel zaman purba itu ditemukan tahun ini.


Paranormal Crucible menjelaskan mendapat informasi tersebut dari situs konspirasi
tothedeathmedia.com,
di mana menyebutkan kalau para arkeolog melakukan penggalian di Salzburg, Austria, yang mendapati artefak misterius yang bentuknya menyerupai ponsel.


"Jenis tulisan ini biasanya ditemukan di zaman modern Iran, atau Irak (Mesopotamia Kuno). Perangkat seperti ini dengan tulisan Cuneiform yang ditemukan di Austria adalah sesuatu yang belum sepenuhnya dapat dipahami dan dijelaskan," tulis mereka. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya