Sel Kulit Sukses Dipakai Sembuhkan Jantung Rusak

Ilustrasi sel jantung (warna merah)
Sumber :
  • www.eurekalert.org/Yoshida Laboratory, CiRA, Kyoto University

VIVA.co.id - Para ilmuwan Center for iPS Research and Applications (CiRA) Kyoto University, Jepang, berhasil menemukan cara baru untuk menyembuhkan kerusakan jantung.

Begini Rupa Api Jenis Baru

Peneliti menyematkan sel kulit pada jantung yang telah ‘rusak’. Sel kulit itu diposisikan menggantikan fungsi sel jantung ketika jantung mengalami gejolak.
 
Diketahui, ketika seseorang mengalami serangan jantung atau trauma jantung, maka sel-selnya pun mati, otomatis jantung tak dapat berfungsi. Sehingga, pilihannya adalah transplantasi jantung, namun pilihan pelik itu pun jarang tersedia.
 
Sementara itu, alternatif lain penyembuhan kerusakan jantung adalah dengan mentranspantasi sel jantung ke dalam jantung. Tetapi, lagi-lagi, tranplantasi sel jantung itu pun mengalami pemulihan yang lambat dan tidak signifikan.
 
Tetapi, kebuntuan itu pecah. Dilansir Eurekalert.org, Jumat 8 Januari 2016, salah satu peneliti Jepang itu, Shunsuke Funakoshi, mengatakan timnya telah mengujicobakan membuat sel kulit menjadi sel jantung. Proses itu dinamakan dengan induced Pluripotent Stem (iPS).
 
Dia menjelaskan, media uji coba ini inovasi ini telah diterapkan pada tikus yang mengalami kerusakan jantung. Proses perlakuannya adalah dengan membedakan tingkat kerusakan jantung pada tikus.
 
Alhasil, sel kulit yang bertransformasi menjadi sel jantung itu membawa kehidupan baru bagi sang tikus. Jantung hewan pengerat yang rusak itu perlahan pulih.
 
Namun, Funakoshi mengingatkan, keberhasilan itu tidak serta merta membuka jalan untuk menyembuhkan trauma jantung pada manusia. Sebab, perlu penelitian lebih lanjut untuk itu secara bertahap.
 
“(Untuk) pasien manusia tidak dapat ditentukan dari studi ini. Kami perlu menguji hewan lebih besar dari tikus," katanya. (asp)

Bunga matahari

VIDEO: Kenapa Bunga Matahari Mengikuti Gerak Sang Surya?

Bunga matahari muda selalu menghadap ke timur saat pagi hari.

img_title
VIVA.co.id
9 Agustus 2016