Mark Zuckerberg: Gadget Korea Lebih Oke Ketimbang AS

CEO Facebook, Mark Zuckerberg dalam pengumuman Galaxy S7
Sumber :
  • REUTERS/Albert Gea

VIVA.co.id –  Ada kejutan saat Samsung mengumumkan pertama kalinya seri Galaxy S7 di Barcelona, Spanyol, Minggu malam waktu setempat. Pada panggung pengumuman tersebut, Samsung menghadirkan Chief Executive Officer (CEO) Facebook, Mark Zuckerberg.

Sosialisasikan Konsep dan Progres Pembangunan IKN, Nusantara Fair Resmi Dibuka

Kehadiran bos Facebook itu memang terkait dengan teknologi yang diperkenalkan Samsung. Diketahui, seri Galaxy S7 punya kemampuan terkoneksi secara mulus dengan perangkat virtual reality (VR) besutan Samsung, Gear VR.

Dalam panggung tersebut, Zuckerberg pun memuji perangkat VR perusahaan Korea Selatan itu merupakan headset VR mobile terbaik yang pernah ada.

Pameran Hari Relawan, Masyarakat Diedukasi Penanganan Bencana melalui Virtual Reality

"Suatu hari, Anda bisa meletakkan sebuah headset dan mengubah cara Anda hidup, bekerja dan berkomunikasi," kata pria beranak satu tersebut dikutip Mashable, Senin 22 Februari 2016.

Pria yang pernah mengenyam pendidikan Ilmu Komputer Universitas Harvard, AS itu punya alasan kenapa perangkat VR Samsung adalah yang terbaik adalah teknologi Organic Light Emitting Diode (OLED) Samsung.

Teknologi VR untuk Belajar jadi Lebih Efektif

Teknologi tersebut, kata dia, menjadi faktor penentu yang membuat produk headset VR Samsung lebih baik dari produk kompetitor.

Facebook dan Samsung memang sedang 'mesra' dalam pengembangan inovasi VR. Beberapa kali, kedua perusahaan itu bermitra dalam upaya pengembangan VR. Untuk Gear VR itu, pembuat perangkat VR Oculus yang dimiliki Facebook disebutkan menyediakan peranti lunak khusus untuk Gear VR.

"Teknologi Oculus kami mendayai Gear VR Samsung. Malam ini kami mengumumkan setiap pemesanan Samsung Galaxy S7 dan S7 Edge akan dikirimkan Gear VR gratis. Jika Anda tidak memesan, bisa membelinya dengan harga US$99. Ini berarti Gear VR akan akan dimiliki jutaan orang pada tahun ini," kata Zuckerberg dalam postingan di akun Facebooknya.

Perusahaan media sosial populer itu juga mengatakan telah menciptakan tim 'Social VR' yang akan bekerja menciptakan aplikasi sosial untuk VR.

Zuckerberg mengatakan tim tersebut akan bekerja secara lekat dengan tim Oculus dan lainnya di Facebook.

Dalam kesempatan itu, bos Facebook itu juga memaparkan pembaharuan terbaru dari video 360 derajat Oculus yang dapat dinikmati dalam perangkat headset seperti punya Samsung.

Disebutkan fitur terbaru pda video 360 derajat Oculus itu disebut dengan dynamic streaming. Fitur ini diharapkan akan muncul dalam beberapa pekan ke depan. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya