LG dan Intel Ciptakan 5G Mobil Pintar

LG dan Intel kerja sama buat 5G untuk mobil pintar
Sumber :
  • LG-Intel

VIVA.co.id – LG mengumumkan kerja sama dengan Intel untuk mengembangkan dan penerapan 5G berbasis teknologi. Kolaborasi kedua perusahaan ini resmi bersanding di ajang Mobile World Congress (MWC) di Barcelona.

Segera, Intel Rilis Generasi Terbaru Pentium dan Celeron

LG dan Intel berkerja sama soal 5G berbasis teknologi telematika. Kerja sama tersebut merupakan inovasi yang dipercaya menjadi generasi selanjutnya dari teknologi nirkabel untuk mobil.

"Melalui kerja sama dengan Intel, kami berharap dapat membangun kepemimpinan perusahaan dengan generasi berikutnya dari produk telematika 5G," kata Kim Jin-yong, Presiden LG Electronics Vehicle Componen In-Vehicle Infotainment Business Unit, berdasarkan keterangan tertulis, Kamis 25 Februari 2016.

Bikin Robot dan Drone Kini Makin Mudah Pakai Intel

Melalui kerja sama ini, LG dan Intel akan memanfaatkan berbagai penelitian dan keahliannya dengan ambisi menjadi yang pertama dalam memasarkan teknologi berbasis 5G. Seperti diketahui, LG dikenal sebagai perusahaan penyedia berbagai produk telematika yang mengandalkan konektivitas LTE.

Dijelaskan, 5G telematika merupakan teknologi yang dipercaya dapat mengirimkan data 33 kali lebih cepat ketimbang teknologi 4G LTE. Melalui teknologi ini, pembaruan peranti lunaknya dapat dilakukan dengan kecepatan tinggi via jaringan Over The Air (OTA).

Ini Cara Intel Asah Bibit Inovasi Teknologi dari Sekolah

"Teknologi ini pun menjanjikan kecepatan unduh video dan konten multimedia lain lebih baik melalui sistem hiburan dalam mobil yang mendukung," ungkapnya.

Dengan ditenagai teknologi Vehicle to Everything (V2X), kemampuan teknologi 5G dalam menurunkan tingkat waktu yang dibutuhkan untuk pengiriman data antarjaringan (latensi) akan tetap dimungkinkan, meskipun mobil sedang dikendarai dalam kecepatan tinggi.

"Komunikasi antarkendaraan, keterhubungan kendaraan ,dan infrastruktur maupun komunikasi kendaraan dengan pejalan kaki di sekitarnya melalui teknologi 5G ini dipercaya dapat mencegah terjadinya kecelakaan," tuturnya.

Kerja sama LG dengan Intel ini secara tak langung menguatkan potensi teknologi milik divisi perangkat telekomunikasi bergerak dan divisi komponen kendaraannya. LG telah membuat langkah signifikan untuk memperkuat kepemimpinan di bidang telematika dalam industri mobil pintar.

Apalagi, LG telah dikenal sebagai pemasok eksklusif untuk sistem telematika bagi 4G LTE OnStar dari General Motor. Strategy Analytics menuliskan kerja sama ini telah membantu LG mengambil posisi teratas dalam telematika otomotif dengan pangsa pasar 30,1 persen pada 2013, 30,3 persen pada 2014 dan 29,9 persen pada 2015. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya