Botol Air Minum Ini Bisa Dimakan

Ilustrasi minum
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Ari Jónsson, seorang mahasiswa dari Iceland Academy of the Arts, Islandia, menciptakan botol minum berbahan alga. Botol itu diklaim ramah lingkungan sebab bisa langsung terdegradasi jika dikosongkan.

Glenn Alinskie Ingetin Orangtua Hindari Bahan Ini Buat Kesehatan Anak

Alga adalah tumbuhan berklorofil, memiliki ukuran yang beragam, dari beberapa mikron sampai bermeter-meter. Hidupnya bergantung pada gerakan air di dalam air tawar atau air laut.
 
Proses pembuatannya mudah saja. Jónsson menjelaskan, hanya dengan mencampurkan alga merah yang telah berbentuk bubuk. Lalu ditambah air untuk membuat zat seperti gelatin. Setelah tercampur, campuran kemudian dipanaskan.
 
Setelah itu bahan-bahan dituang ke dalam cetakan berbentuk botol yang terendam di dalam air es. Lalu, cetakan botol yang telah dituang cairan dipindahkan ke dalam lemari es hingga mengeras.
 
“Jika gagal, atau jika bagian bawah terlalu tipis atau ada lubang di dalamnya, saya panaskan lagi dan menuangkannya kembali ke dalam cetakan,” kata Jónsson seperti dilansir Tech Times, Senin 28 Maret 2016.
 
Jónsson menambahkan, botol akan terus terbentuk jika air masih ada di dalamnya.
 
“Ketika botol air alga dikosongkan maka akan kehilangan bentuk dan mulai membusuk,” ungkapnya.
 
Ia menyatakan, air dalam botol alga aman untuk dikonsumsi meski memang setelah lama tersimpan dalam botol, ekstrak alga akan mempengaruhi rasa air. “Jika konsumen menyukai rasa alga, mereka bisa dengan segala cara, memakan botol itu setelah mengkonsumsi air,” tutur Jónsson.
 
Penemuan botol air minum dari alga oleh Jónsson ini akan ditampilkan pada pameran Drifting Cycles student di Reykjavik, Islandia bulan ini.

Ilustrasi plastik dari perut ikan

Keren, Mahasiswa Bikin Plastik dari Isi Perut Ikan

Tak kalah kuat dan tahan lama.

img_title
VIVA.co.id
19 September 2019