Aplikasi Mahasiswa Binus Bisa untuk Cari Jodoh dan Rekrutmen

Universitas Bina Nusantara
Sumber :
  • Agus Tri Haryanto/Viva.co.id

VIVA.co.id – Tiga mahasiswa Bina Nusantara (Binus) University berhasil menciptakan aplikasi yang bisa mengenali kepribadian seseorang. Aplikasi yang dinamakan Big 5 Traits Personalilty Prediction ini diklaim bisa dimanfaatkan bagi para pemburu karyawan berkualitas.

Bangga Karya Anak Bangsa, Platform Game Lokal Kian Berjaya

Derwin Suhartono, yang merupakan dosen pembimbing dalam penelitian kali ini, mengungkapkan bahwa sebenarnya bukan aplikasinya yang mendeteksi kepribadian seseorang, melainkan postingan yang dikirimkan oleh user di Twitter. Dari postingan itu, peneliti melakukan ekstraksi ciri-ciri karakter secara otomatis.

"Dari ekstraksi ciri-ciri ini lah bisa diprediksi kepribadian dari user Twitter tersebut, setelah memasukkan ID Twitter ke dalam aplikasi. Aplikasi Big 5 Traits Personality Prediction sangat bermanfaat bagi tim rekrutmen di sebuah perusahaan dalam menjaring karyawan baru," ujar Derwin di Binus University, Kebon Jeruk, Jakarta, Senin, 4 April 2016.

Kemenparekraf Dukung Penuh Karya Anak Bangsa Platform Komik Digital Comicone.id

Sementara itu, Alberti Wijaya, salah satu dari tiga mahasiswa Binus ini, mengatakan, selama ini sarana untuk menilai karakter seseorang itu berdasarkan wawancara dan kuesioner.

"Makanya kami mencoba sistem prediksi kepribadian seseorang secara objektif yang diambil dari media sosial yang bersangkutan, yakni menggunakan ID Twitter-nya. Jadi, aplikasi ini cocok untuk HRD atau bahkan mencari jodoh, ingin tahu karakter orang lewat cuitan di Twitter," katanya.

PNM Hadirkan Kembali MEA 2023 Dukung Karya Anak Bangsa

Untuk sementara ini, aplikasi Big 5 Traits Personality Prediction ini belum tersedia di toko aplikasi online. Ditargetkan, aplikasi hasil rancangan mahasiswa Fakultas Komputer Sains itu sudah terpampang di PlayStore akhir 2016.

"Kami akan dorong terus aplikasi ini agar akurasinya lebih matang. Tak hanya bisa menilai karakter seseorang lewat teks di Twitter, tapi juga nantinya kami ingin satu paket. Jadi, aplikasi ini bisa memprediksi kepribadian seseorang bisa lewat Facebook, Youtube dengan videonya, atau Instagram dengan fotonya," ujar Derwin.

Cara Kerja Aplikasi

Usai memasukkan ID Twitter seseorang, maka aplikasi tersebut akan menunjukkan karakter orang yang ingin diungkap. Karakter tersebut bisa diungkap berdasarkan kicauan yang diambil dari 50 tweet terbaru.

Dimensi kepribadian yang digunakan oleh aplikasi Big 5 Traits Personality Prediction ini ada lima karakter, yakni Extraversion, Agreeableness, Conscientiousness, Neuroticism, serta Openness.

Dalam proses penilaian tersebut melibatkan tiga dosen psikologi Binus yang sudah dimasukkan kriterianya pada aplikasi karya mahasisa Fakultas Komputer Sains ini.

Extraversion kecenderungan lebih supel dan ekspresikan diri, ini lawannya Introvert, yang lebih pendiam dan privat hidupnya. Lalu, Agreeableness, yakni orang yang tingkat toleransinya tinggi," ucapnya.

Kemudian, Conscentiousness, ialah seseorang yang punya sifat teratur. Artinya, jadwal kegiatannya lebih berjalan sistematis dan jelas. Sementara itu, Neuroticism, kondisi seseorang yang tingkat amarahnya cukup tinggi dan cenderung tidak stabil.

"Dan, Openness, seseorang yang mempunyai keterbukaan cara berpikir dan mau menerima hal-hal baru," ujar Albert.

Saat ini, pengguna bisa mengunduh aplikasi tersebut di http://bit.ly/1TEGdnx dengan versi .(dot) apk.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya