Maraton di Antariksa, Astronaut Dua Kali Kelilingi Bumi

Astronaut Inggris, Tim Peake lari maraton di antariksa
Sumber :
  • www.theguardian.com/ESA

VIVA.co.id – Astronaut Badan Antariksa Eropa (ESA) Tim Peake berhasil menyelesaikan perlombaan lari London Marathon dengan catatan waktu 35 menit 21 detik. Peake mengikuti perlombaan tersebut langsung melakukannya di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) seorang diri.

Dua Astronot Sampai di Stasiun Antariksa China

Dengan mengenakan pakaian seperti halnya pelari, menggunakan rompi merah, celana pendek hitam, dan bendera Britania Raya, Peake berlari di atas alat fitnes treadmill. Selama berlari, Peake menempuh 26,2 mil. Bila di antariksa, jarak tersebut setara dengan dua kali mengelilingi Bumi.

"Pagi ini fantastis," ujar Peake dengan antusias mengikuti perlombaan. Sebagaimana diberitakan The Guardian, Senin, 25 April 2015, usaha Peake tersebut membawanya ke dalam buku rekor dunia sebagai orang pertama yang menyelesaikan maraton di luar angkasa.

Enam Bulan di Antariksa, Astronot Ini Ingin Eksplorasi Bulan

Seperti diketahui, ketika manusia memasuki ruang hampa, maka tubuhnya akan mengalami ringan hingga 70 persen bila dibandingkan dengan di Bumi. Dengan berolahraga fisik selama dua jam per hari, setidaknya akan menjaga kebugaran dan otot astronaut.

Sementara Peake yang baru tinggal di luar angkasa empat bulan yang lalu, terus mengasah kemampuannya agar mampu melakukan maraton. Sebab, bila tidak demikian, dikhawatirkan bisa memberikan efek pada tubuh manusia. Maka dari itu, selama Peake mengikut London Marathon, ia didampingi oleh rekannya, guna mengantisipasi bila tidak ada yang tidak diinginkan.

Pulang ke Bumi, Astronot Ini Akui 6 Bulan Tak Mandi

"Saya lega sudah berakhir dan Peake telah menyelesaikan (maraton). Selama mengikuti lomba, ia melakukannya dengan baik sampai akhir. Ini selesai sempurna," ucap Patrick Jaekel, seorang spesialis olahraga yang bekerja sama dengan Peake selama dua tahun terakhir.

Keikutsertaan Peake dalam London Marathon ini bukan yang pertama kalinya. Ia pernah menjadi peserta pada 1999, ketika usia Peake masih 20-an. Ketika itu, Peake berhasil menyelesaikan lomba dengan catatan waktu tiga jam 18 menit.

Kosmonot Uni Soviet, Yuri Romanenko

29-12-1987: Kosmonot Terlama di Antariksa Mendarat di Bumi

Romanenko total tinggal mencapai 430,76 hari di ruang hampa.

img_title
VIVA.co.id
29 Desember 2016