Soal Buku Digital, Telkom Terima Tantangan Menteri Rini

Membaca buku digital.
Sumber :
  • REUTERS/Lucas Jackson

VIVA.co.id – PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) menyediakan yang disebarkan ke 34 provinsi di seluruh Indonesia. Program yang dinamakan Pustaka Digital (PaDi) ini guna menumbuhkan minat membaca masyarakat Indonesia.

Penulis Australia Desak Royalti Peminjaman Buku Digital

Selain itu PaDi juga menjadi alternatif dalam mengatasi kendala distribusi buku ke berbagai daerah, serta mahalnya dalam mencetak buku. Pada tahap awal, menyediakan 1.000 PaDi untuk 34 provinsi tersebut.

"Ini merupakan salah satu implementasi program BUMN hadir untuk negeri dan mendukung program Taman Bacaan Masyarakat dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan," ujar Chief Executive Officer Telkom Group, Alex J. Sinaga di Menara Multimedia, Jakarta, Rabu 4 Mei 2016.

Man Utd Incar Penyerang Tua yang Bela Real Madrid

Disampaikan Alex, Telkom sampai akhir tahun ini akan menyediakan 1.000 PaDi yang tersebar di GraPari Telkomsel, WiFi Corner, dan Plasa Telkom. Untuk saat ini, penyebaran buku digital itu sudah meluas lebih dari 200 lokasi PaDi dari 34 provinsi yang ditargetkan.

Acara pengenalan PaDi tersebut juga dihadiri oleh Menteri BUMN Rini Soemarno dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan. Dalam sambutannya, Rini mengimbau agar perusahaan plat merah ini lebih banyak lagi menyediakan buku digital yang didistribusikan melalui infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi Telkom.

Ekonomi Tumbuh 5,6% di 2024, Pemprov DKI Yakin Bisa Atasi Inflasi

"Kalau bisa lebih dari 1.000 PaDi, mungkin bisa melampui target menjadi 5.000 PaDi," ungkap Rini yang disambut kesanggupan Alex menerima tantangan tersebut.

Inovasi yang bagian dari program Corporate Social Responsibility (CSR) Telkom ini menggandeng salah satunya dengan penerbit Balai Pustaka dalam menyediakan ketersediaan buku digital tersebut. Pada kolaborasi ini, Telkom berperan sebagai penyedia e-library bagi buku digital Balai Pustaka. Sedangkan Balai Pustaka berposisi sebagai saluran pengiriman.

"Sehingga masyarakat dapat membaca karya sastra legendaris milik Balai Pustaka secara digital, baik di Qbaca maupun PaDi," ucap Alex.

Sebelumnya, Telkom memiliki platform komersial Qbaca yang merupakan e-book store atau toko buku digital yang di dalamnya terdapat berbagai pustaka dari macam-macam penerbit.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya